Kiai Muda Jatim Tingkatkan Kesadaran Warga dalam Menjaga Kebersihan

Jumat, 10 Februari 2023 – 13:12 WIB
Sukarelawan Kiai Muda Jatim melakukan silaturahmi dengan sejumlah warga. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SURABAYA - Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) menggelar silaturahmi dengan puluhan ibu-ibu yang berada di Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, Jumat (10/2).

Para pendukung Ganjar Pranowo itu mengajak perempuan single parent dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama.

BACA JUGA: Batal Mendukung Ganjar, Joman Kini Melirik Mbak Puan, Hmmm

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi mengatakan pihaknya memberikan bantuan alat kebersihan berupa tempat sampah dan sapu untuk warga Kedinding Lor.

"Kami memberikan beberapa alat kebersihan, seperti sapu, beberapa jenis tempat sampah dan juga tempat sampah geret yang besar untuk menampung sampah-sampah dari warga agar kebersihan di lingkungan dapat tercipta," ujar Gus Ali dalam siaran persnya, Jumat.

BACA JUGA: Kiai Muda Pendukung Ganjar Silaturahmi dengan Jemaah di Ponpes Al Hidayat

Menurut dia, belasan tempat sampah dan sapu tersebut itu disebar di beberapa titik. Tujuannya, agar makin banyak warga yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka.

Meski diguyur hujan, para single parent dan masyarakat Kedinding Lor begitu antusias mengikuti rangkaian kegiatan Kiai Muda Jatim. Mereka juga sepakat untuk menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari warga antar RT dan RW.

BACA JUGA: Kiai Muda Pendukung Ganjar di Jatim Salurkan Bantuan ke Majelis Taklim di Tuban

"Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa. Semangat warga untuk gotong royong, bahu membahu, kerukunan antar warga luar biasa tercipta," jelas Gus Ali.

Dia berharap dengan adanya silaturahmi sekaligus pemberian bantuan tempat sampah dan sapu tersebut, warga Kedinding Lor makin bersemangat dan juga rutin gotong royong menjaga kebersihan.

Pada kesempatan itu, Kiai Muda Jawa Timur juga mengadakan doa bersama dan diskusi Fiqih Kewanitaan yang diikuti dan disimak secara saksama seluruh warga yang hadir. Kiai Muda Jawa Timur juga menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Adapun, para ibu single parent yang mengikuti kegiatan Kiai Muda Jawa Timur itu tergabung dalam Komunitas Majelis Taklim Janda Surabaya dan Jamiyyah warga Surabaya.

Salah satu warga Kedinding Lor, yang juga seorang single parent bernama Kastiah menyebutkan kehadiran Kiai Muda Jatim ke tempat tinggalnya begitu membantu serta memberikan banyak ilmu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya ihwal kebersihan lingkungan.

Menurutnya, tak banyak organisasi atau sukarelawan yang memperhatikan para single parent. Sehingga, dia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kiai Muda Jatim kepada para single parent, khususnya di Kedinding Lor.

"Kehadiran mereka di sini membuat kami sangat senang. Kami makin terbantu, makin sukses di kampung, dan maju,” kata dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Srikandi Ganjar Jateng Ajak Santriwati Meminati Dunia Jurnalistik


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler