Kiai Muda Pendukung Ganjar Memperkuat Sektor Pertanian, Beri Edukasi Pembibitan Tanaman Buah

Senin, 14 Agustus 2023 – 21:45 WIB
Kiai Muda Jawa Timur memprakarsai kegiatan Pelatihan Pertanian Pembibitan Tanaman Buah untuk puluhan masyarakat di Majelis Taklim Al Azib, Pulorejo, Kedungrejo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (13/8). Foto: Kiai Muda Jawa Timur.

jpnn.com - NGANJUK - Indonesia sebagai negara agraris diprediksi akan terus memperkuat pertanian menjadi sektor penunjang kebutuhan pangan nasional. 

Penguatan sektor pertanian bisa membangkitkan sektor ekonomi, karena menyumbang produk domestik terbesar.

BACA JUGA: Kowarteg Ganjar Adakan Pelatihan Membuat Kue Mata Roda Bareng Warga di Jaksel

Selain tanaman padi, jagung  dan sawit yang selama ini menjadi primadona, komoditas lain pun terus diperkuat, salah satunya sektor tanaman buah-buahan.

Untuk itu, Kiai Muda Jawa Timur memprakarsai kegiatan Pelatihan Pertanian Pembibitan Tanaman Buah untuk puluhan masyarakat di Majelis Taklim Al Azib, Pulorejo, Kedungrejo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (13/8).

BACA JUGA: Srigan Bentuk Rangkaian Sosialisasi Ganjar Pranowo, Kali Ini di Jakarta

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur Gus Ali Baidlowi memberikan penjelasan soal alasan dibuatnya pertanian tanaman buah tersebut.

Menurutnya, Kabupaten Nganjuk memiliki potensi cukup besar dalam menggerakkan sektor ekonomi melalui komoditas pertanian tanaman buah.

BACA JUGA: Pesta Rakyat Ganjar Pranowo Hadir di Bogor, Bertabur Artis Papan Atas

"Hari ini kami belajar bersama untuk menciptakan bibit buah unggul agar bisa dikembangkan dan potensi tersebut bisa dioptimalkan oleh masyarakat," ujar Ali dalam keterangannya. 

Pemberian edukasi tanaman holtikultura tersebut agar wilayah itu bisa menjadi sentra komoditas bagi tanaman buah-buahan.

"Kita dorong untuk menghasilkan buah yang berkualitas supaya bisa menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Ngajuk dan harapannya bisa sampai diekspor untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah," kata Ali.

Dia menilai bahwa potensi yang dimiliki di wilayah Nganjuk cukup besar, sehingga perlunya dorongan baik secara morel maupun bantuan langsung untuk mengoptimalkannya.

"Embrionya sudah muncul, cuma, kan, untuk melibatkan lebih banyak masyarakat yang terlibat perlu kita dorong dan beri motivasi supaya mereka memiliki determinasi lebih untuk mengoptimalkan tanaman holtikultura tersebut," papar Ali.

Dia mengaku Kiai Muda Jatim memperoleh tanggapan positif dari warga selama proses konsolidasi. Apalagi sebelumnya, mayoritas masyarakat memang sudah memiliki ketertarikan dengan sosok Ganjar Pranowo.

"Alhamdullilah responsnya positif, apalagi kita membawa nama sebagai sukarelawan Pak Ganjar Pranowo. Mereka sangat antusias sekali untuk belajar bersama sambil mendukung Pak Ganjar Pranowo," pungkas Ali.

Penyerahan Bantuan Bibit Tanaman

Tak hanya pemberian materi edukasi tanaman holtikultura, Kiai Muda Jawa Timur juga memberikan bantuan bibit yang terdiri dari buah alpukat, mangga, belimbing, durian dan nangka.

Salah seorang tokoh petani di Desa Kedungrejo Bagus Tunggal (35) mengapresiasi kegiatan kolaborasi bersama masyarakat tersebut. 

Dia menilai perhatian tersebut bisa menarik ketertarikan masyarakat untuk terlibat lebih aktif dalam melakukan budi daya tanaman holtikultura.

"Terima kasih atas bantuannya, bermanfaat bagi kami semua dan semoga pertanian holtikultura bisa berkembang pesat dan tersalurkan hasil pembibitannya secara nasional," ujar Bagus.

Dia menilai potensi yang dimiliki wilayah Nganjuk cukup besar, dilihat dari banyaknya petani yang bisa dilibatkan dan jumlah lahan yang bisa dikembangkan.

"Alhamdullilah sudah berjalan, potensi besar karena petani di sini banyak, cuma belakangan ini penjualannya yang agak menurun drastis," lanjut Bagus.

Oleh karena itu, Bagus berharap kedatangan Kiai Muda Jawa Timur ke tempatnya bisa memberikan kontribusi dan dampak besar terhadap perkembangan tanaman holtikultura di Nganjuk.

"Semoga bibit yang diberikan bisa terjual dan diterima di masyarakat, kami mohon dukungan dan pendampingannya selalu agar semua ini berjalan dengan baik," pungkas Bagus. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler