Kiai & Nyai Dukung Ganjar Ziarah ke Makam Empang Bogor dan Habib Luar Batang

Minggu, 22 Oktober 2023 – 17:53 WIB
Kiai & Nyai Jaksel Dukung Ganjar menggelar wisata religi. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kiai dan Nyai Jakarta Selatan Dukung Ganjar bersama ratusan anggota majelis taklim DKI Jakarta mengelar Ziarah Asyik ke makam keramat Habib Luar Batang Jakarta dan makam keramat Empang Bogor pada Sabtu (21/10).

Pimpinan Majelis Taklim Assabiliyah Jakarta KH Sugeng Umaedi mengapresiasi hadirnya sukarelawan Kiai dan Nyai Jaksel Dukung Ganjar.

BACA JUGA: Santri Dukung Ganjar Bekali Pemuda Jambi dengan Kemampuan Desain Grafis

"Pada kesempatan hari ini, kami bersama-sama berziarah ke dua tempat, pertama di makam Habib Luar Batang dan makam Empang Bogor," katanya.

Kiai Sugeng menjelaskan berziarah menjadi salah satu cara untuk mengingat jasa ulama yang telah memberikan sumbangsih ilmu agama yang sangat berharga bagi setiap muridnya.

BACA JUGA: Santri Dukung Ganjar Bantu Bangun Madrasah di Lembata

Foto: source for JPNN

"Pentingnya berziarah mendekatkan diri kepada ulama, mengingat ulama yang berjasa, ilmunya yang sangat bermanfaat bagi kita. Jangankan ulama yang masih hidup, yang sudah meninggal pun kami ziarahi," tuturnya.

BACA JUGA: Kajol Dukung Ganjar Gelar Pelatihan UMKM untuk Driver Ojol di Rangkasbitung

Sugeng mengatakan dirinya bersama ratusan kiai dan ustaz di DKI Jakarta berharap keberkahan dalam ziarah kali ini dan setiap doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah.

"Kami mendapat keberkahan sehingga doa-doa yang kami panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah," katanya.

Sementara itu, koordinator Kiai dan Nyai Jakarta Selatan Dukung Ganjar KH Rizal Maulana mengatakan ada ratusan kiai, ustaz, pengurus masjid, dan pimpinan majelis taklim se-Jakarta Selatan yang ikut dalam wisata religi tersebut.

"Yang hadir kali ini sekitar 100 kiai dan ustaz pimpinan majelis taklim di DKI Jakarta," katanya.

Kiai Rizal menyatakan dalam ziarah tersebut para kiai dan ulama turut membacakan tahlil dan doa untuk kebaikan serta kedamaian Indonesia.

Ratusan kiai, ustaz, ustazah yang yang turut hadir dalam wisata religi ini, antara lain KH Sugeng Umaedi, Kiai Bustanul Arifin pimpinan Majelis Taklim Al Hikmah di Pesanggrahan, KH Naip Dehir (MT Zahrul Firdaus), KH Rizal Maulana pimpinan Pondok Yatim Mutiara Firdaus Insani, dan KH Hasan Firdaus ketua MT Al Islah.

Selama perjalanan menuju ziarah makam keramat, para kiai, nyai, dan ustaz diberi materi tentang ilmu grafologi untuk membaca karakter seseorang yang dapat dilihat dari tulisan atau tanda tangannya. (*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler