Kicauan Pertama @Pontifex Setelah Paus Baru Terpilih

Kamis, 14 Maret 2013 – 23:18 WIB
Paus Fransiskus I. FOTO: dawn.com
VATIKAN - Begitu Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi paus baru, akun twitter @Pontifex yang merupakan dikelola Kepausan itu langsung berkicau.

"HABEMUS PAPAM FRANCISCUM". Artinya: kita memiliki Paus Fransiskus. Akun tersebut sebelumnya digunakan Paus Benediktus XVI. Dia kali pertama berkicau pada Desember tahun lalu.

Begitu Paus asal Jerman itu nge-tweet, akun tersbut langsung di-follow jutaan orang. Nah, saat Benediktus memutuskan untuk mundur pada 28 Februari lalu, maka akun tersebut tak lagi aktif. Jadi ini adalah kali pertama @Pontifex berkicau pascamundurnya Benediktus.

Tentu saja kicauan itu langsung disambut jutaan pengikutnya dari seluruh dunia. Para follower itu tersebut rata-rata juga mengucap syukur atas terpilihnya pria kelahiran Argentina itu sebagai Paus baru.

Seperti diketahui, Bergoglio terpilih dalam konklaf di putaran kedua. Begitu terpilih uskup Buenos Aires berumur 76 tahun itu memilih nama Fransiskus sebagai nama Pausnya.

Pemilihan nama itu disebut-sebut lantaran Bergoglio ingin menghormati Santo Fransiskus dari Asisi yang dikenal sangat sederhana dan dekat orang miskin. Paus yang berlangtahun setiap 17 Desember itu selama ini juga hidup dalam kesederhanaan.

Selain itu nama Fransiskus juga untuk Santo Fransiskus Xaverius, pendiri ordo Jesuit. Bergoglio juga merupakan Paus pertama yang berasal dari Ordo Jesuit. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Xi Jinping Resmi jadi Presiden Tiongkok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler