Kinerja Polisi di Mata Masyarakat Kian Memburuk

Jumat, 29 Juni 2012 – 14:59 WIB

JAKARTA -- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, mengatakan, indikasi makin buruknya sikap, prilaku, dan kinerja Polri terlihat dari makin tingginya anggota korps berbaju cokelat itu yang dipecat.

"Tahun 2009 ada 429 polisi dipecat. Tahun 2010 ada 294 polisi dipecat. Tahun 2011 ada 474 polisi dipecat," kata Neta, Jumat (29/6), di Jakarta.

Dijelaskan Neta untuk tahun 2012 ada 12.987 polisi yang melanggar tata tertib Polri. "Total pemecatan polisi tahun ini baru diketahui Desember," kata penulis buku 'Jangan Pernah Bosan Mengkritik Polisi' itu.

Neta mengingatkan, Polri harus menyadari bahwa buruknya kinerja polisi ternyata tidak membuat masyarakat takut. Terbukti sikap sewenang-wenang polisi dibalas masyarakat dgn sikap anarkis dan perlawanan.

Tahun 2011 ada 65 kantor polisi dirusak dan dibakar rakyat. Ada lonjakan tajam. Sebab di tahun 2010 hanya ada 20 kantor polisi yang dirusak dan dibakar rakyat. Tak hanya itu, selama lima bulan pertama tahun 2012 ada 28 polisi yang dikeroyok warga secara brutal.

Jika situasi ini dibiarkan, konflik polisi dengan masyarakat akan terus berkepanjangan dan polisi dengan masyarakat akan menjadi musuh bebuyutan. "Untuk itu, semua ini harus dihentikan. Elit Polri dan pemerintah SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) harus peduli dengan situasi darurat ini," pungkas Neta. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Geledah Kantor Kemenag


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler