Kinerja UPZ BAZNAS Meningkatkan Kesejahteraan Umat Diapresiasi Kemenag

Selasa, 03 September 2024 – 04:34 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Agama (Kemenag) mengapresiasi kinerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS yang turut membantu meningkatkan kesejahteraan umat.

Apresiasi ini disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A., pada pembukaan Rapat Kerja (Raker) UPZ Tingkat Nasional 2024.

BACA JUGA: Tingkatkan Ekonomi Umat, BAZNAS Luncurkan Program BMM

Raker bertema 'Membangun Profesionalisme Pengelolaan Zakat di UPZ dengan Keselarasan Gerak Langkah dan Tujuan Untuk Meningkatkan Kemanfaatan Umat' diselenggarakan di Bogor, Senin (2/9).

"Atas nama pemerintah, mewakili Pak Menteri, dalam hal ini mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya, dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kita semua yang telah bekerja secara terus menerus berikhtiar untuk meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa bernegara di Indonesia," ujar Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag.

BACA JUGA: BAZNAS Luncurkan Program Beasiswa Riset 2024, Ini Targetnya

Kamaruddin juga mengimbau kepada seluruh UPZ untuk melakukan optimalisasi pengumpulan zakat. Saat ini, UPZ masih fokus pada zakat profesi belum pada tunjangan kinerja dan yang lainnya.

"Potensi zakat mal, seperti zakat emas, harta kekayaan, investasi dan lain-lain belum tercover. Ini artinya bahwa potensinya masih ada yang belum tercover dan potensi ke depan akan lebih besar," ucapnya.

BACA JUGA: BAZNAS dan BNN Perkuat Peningkatan ZIS di Indonesia

Kamaruddin menambahkan, bahwa UPZ juga perlu memperhatikan tata kelola dan akuntabilitas.

Melalui Raker UPZ BAZNAS Tingkat Nasional ini, Kamaruddin berharap, pengelolaan zakat lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan mustahik.

Selain itu agar dapat menanggulangi kemiskinan melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan yang telah disiapkan.

"Saya ucapkan selamat mudah-mudahan ini menjadi semangat baru untuk terus meningkatkan kualitas kinerja kita. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah SWT," pungkasnya.

Raker UPZ BAZNAS 2024 ini terdiri dari atas 142 UPZ BAZNAS, yang di antaranya, 12 UPZ Kementerian, 32 UPZ Lembaga Negara, 44 UPZ BUMN, dan 54 UPZ Swasta. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UPZ Baznas   Baznas   Kemenag   Zakat  

Terpopuler