Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang Tampil di Pestapora 2023, Lagu Minang Berkumandang

Minggu, 24 September 2023 – 02:20 WIB
Tiga penyanyi dari Ranah Minang, Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang tampil dalam Pestapora 2023 di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (23/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga penyanyi dari Ranah Minang, Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang sukses mencuri perhatian dalam Pestapora 2023 di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (23/9).

Ketiganya mengumandangkan tembang-tembang pop Minang di Hingar Bingar Stage pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA: Pestapora 2023 Masuk Hari Kedua, Ini Daftar Para Penampil

Ribuan penonton Pestapora 2023 tampak antusias menyambut penampilan Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang.

Kintani mendapat giliran tampil pertama untuk membuka sajian musik Sumatra Barat di Pestapora 2023.

BACA JUGA: Momen Mengharukan Saat Pee Wee Gaskins Beraksi di Pestapora 2023

Penyanyi cantik asal Payakumbuh itu membawakan lagu yang berjudul Cangguang.

Berbusana ungu, Kintani pun langsung memperdengarkan suara merdunya lewat lagu yang bertema sedih tersebut.

BACA JUGA: Bangkitnya Peterpan di Pestapora 2023

"Halo Pestapora, urang awak mana suaranya," kata Kintani di atas panggung menyapa hadirin.

Perempuan berusia 26 tahun itu mengaku cukup gugup tampil di Pestapora 2023.

Sebab, ini merupakan salah satu festival skala nasional pertama yang dihiburnya. Apalagi kini Kintani disaksikan oleh ribuan penonton yang tidak hanya urang awak, tetapi juga pendengar dari luar Minang.

"Yang enggak hafal lagunya, lambaikan tangan saja ya," ucapnya.

Kintani kemudian membawakan lagu Gamang Bamimpi. Lagu tersebut tidak hanya populer di Ranah Minang, tetapi juga ke berbagai daerah di Indonesia.

Suara syahdu Kintani lagi-lagi mampu memukau para penonton Pestapora 2023. Sejumlah penonton barisan depan bahkan mulai ikut bernyanyi bersama.

Lagu Gamang Bamimpi yang menyayat hati membuat suasana makin gundah dan penuh ratapan. Begitu juga ketika Kintani membawakan lagu Cinto Apo Adonyo.

Nyanyian massal penonton Pestapora 2023 makin keras mengikuti lagu Cinto Apo Adonyo. Semua hadirin juga bersorak ketika Kintani memanggil Ipank untuk berduet dalam lagu tersebut.

Setelah Kintani, Ipank lanjut mengambil alih panggung Hingar Bingar di Pestapora 2023.

Penyanyi yang terkenal dengan suara khas mendayu itu membawakan lagu Makan Hati, Kandak Rang Tuo, dan Ba Ayah Lai Babako Tido.

Dari awal hingga akhir penampilan, Ipank memamerkan cengkok yang begitu apik. Suaranya seolah menggabungkan cengkok Minang dengan Melayu yang begitu mendayu.

Kekuatan tersebut membuat lagu-lagu yang dibawakannya makin terasa ke hati penonton Pestapora 2023.

Lirik lagu yang berbahasa Minang sepertinya tidak menjadi hambatan lagi bagi Ipank untuk menyentuh hati pendengar. 

Seusai Ipank, Ratu Sikumbang yang dapat giliran menghibur Pestapora 2023.

Dia langsung menyanyikan salah satu lagu patah hati yang berjudul Maulang Sayang. Lagu tersebut langsung diikuti oleh nyanyian hadirin.

Pada lagu kedua dan ketiga, Ratu Sikumbang justru membawakan lagu yang upbeat. Dia menyajikan lagu dendang yang berjudul Gungguanglah Denai, dan Ginyang.

Lagu dendang tersebut sukses menghipnotis para penonton Pestapora 2023 untuk bergoyang bersama. Suasana Pestapora pun berubah seperti acara baralek gadang alias kawinan di Sumatra Barat.

Pada ujung penampilan, Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang tampil bersama di atas panggung. Lagu yang dibawakan yakni salah satu anthem paling terkenal asal Ranah Minang, Ayam Den Lapeh.

Ketiga penyanyi tersebut saling berbagi suara hingga terdengar begitu harmoni. Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang juga ikut bergoyang sepanjang lagu.

Penampilan Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang di Pestapora 2023 berakhir dengan manis, meski para penonton masih belum puas.

Hadirin di baris depan bahkan berteriak Tambuah Ciek (Tambah Satu) alias 'we want more' untuk meminta Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang membawakan satu lagu lagi.

Namun, waktu harus mengakhiri perjumpaan Kintani, Ipank, Ratu Sikumbang dengan penonton Pestapora 2023.

Penampilan Kintani, Ipank, dan Ratu Sikumbang di Pestapora 2023 sukses membuktikan bahwa lagu Minang bisa diterima oleh pendengar dari mana saja.

Festival musik, Pestapora 2023 berlangsung selama 3 hari pada 22, 23, dan 24 September 2023 di kawasan Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Digelar oleh Boss Creator, Pestapora tahun ini menghadirkan 224 musisi penampil dari lintas genre dan generasi.

Tidak hanya itu, Pestapora 2023 juga menyajikan beberapa musisi dari daerah seperti Indonesia Timur Show, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

"Pestapora adalah festival musik yang ingin merangkul semua kalangan. Dengan menghadirkan musik dari berbagai daerah di Indonesia, kami ingin menunjukkan bahwa musik Indonesia sangat beragam dan kaya akan warna,” ucap Kiki Aulia Ucup, Direktur Boss Creator. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler