Klarifikasi soal Pesan Berantai Kereta Api Bandara Sudah Beroperasi

Selasa, 22 Agustus 2017 – 07:43 WIB
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan beredar pesan berantai mengenai kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Dalam sebuah pesan tersebut dikatakan kereta bandara sudah beroperasi sejak 17 Agustus 2017.

Pengirim pesan hoaks itu dengan meyakinkan mengatakan bahwa kereta menuju bandara sudah bisa dinaiki dari Stasiun Utama Manggarai, Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper. Rute yang sama juga berlaku jika naik kereta dari Bandara Soetta.

BACA JUGA: Kemiskinan Vietnam Dikaitkan HUT Kemerdekaan RI, Parah nih!

Si pembuat pesan seolah-olah tahu betul informasi mengenai kereta bandara itu. Dia juga memberikan pesan bahwa dari Stasiun Manggarai, penumpang bisa transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan lainnya. Bisa ke Bekasi ataupun Bogor.

”Waktu tempuh setiap perjalanan kereta Bandara Soekarno Hatta diperkirakan kurang lebih 57 menit.” Demikian bunyi pesan tersebut.

BACA JUGA: 260 Begal Berilmu Kebal Siap Beraksi, Bohong!

Dalam informasi itu juga disebutkan jam operasional kereta. Setiap hari beroperasi dari pukul 04.00 hingga 00.00.

Kereta akan beroperasi sebanyak 124 perjalanan pergi pulang. Setiap kereta memiliki enam rangkaian gerbong dan dapat mengangkut 272 penumpang.

BACA JUGA: Jahat! Itu Bukan Rumah Sandiaga Uno

Agar lebih meyakinkan, dicantumkan pula informasi tambahan bahwa kereta Bandara Soekarno-Hatta dirancang dan dibangun PT Inka, menggunakan mesin Bombardier dari Jerman.

Menanggapi pesan berantai itu, PT Kereta Api Indonesia langsung memasang klarifikasi. Lewat akun ofisialnya di Instagram, mereka menyebut kabar itu hoaks.

”Sampai dengan saat ini, Minggu (20/8). KAI masih dalam tahap penyelesaian prasarana KA Bandara Soekarno-Hatta,” tulis akun resmi PT KAI @keretaapikita.

Mereka meminta masyarakat memantau informasi resmi dari akun media sosial PT KAI ataupun Railink.

PT KAI memang sedang menyiapkan sarana dan prasarana. Salah satu yang sudah mereka pastikan adalah kedatangan satu train set atau rangkaian kereta Bandara Soetta di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan.

Kedatangan train set di Manggarai itu merupakan 1 di antara 10 train set kereta yang dipesan dari PT Inka.

Satu train set yang sudah tiba di Manggarai tersebut terdiri atas enam kereta. Total pemesanan 10 train set. Dengan demikian, keseluruhan akan ada 60 kereta.

Dalam kereta ada dua baris kursi yang memanjang di sisi kiri dan kanan. Kereta juga dilengkapi pendingin ruangan dan satu urinoar dan satu toilet. Keduanya saling berhadapan di sisi kiri dan kanan bagian dalam kereta.

”Kereta ini akan melakukan serangkaian uji sebelum beroperasi yang ditargetkan paling cepat November tahun ini,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Pengadaan dan pengoperasian KRL bandara itu dilakukan anak perusahaan KAI, PT Railink. Jadi, lebih baik Anda memantau akun resmi PT KAI atau PT Railink lebih dahulu.

Daripada kecele karena menunggu kereta yang tak kunjung tiba. Bisa-bisa Anda malah ketinggalan pesawat.

Kabar hoaks dengan modus yang nyaris sama bukan kali ini saja. Sebelumnya beredar luas informasi lowongan pekerjaan palsu di PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang sangat meresahkan.

Sebab, kabar itu disebar sebulan sebelum perekrutan resmi itu dibuka. Bedanya, kabar tersebut disebar dengan menggunakan logo resmi KAI. (gun/eko/c10/fat)

Fakta

Proyek KA Bandara Soekarno-Hatta masih dalam tahap penyelesaian sarana dan prasarana. Diperkirakan baru beroperasi November 2017.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jatim Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor? Ah…


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler