KLHK Apresiasi SUCOFINDO Dalam Kelestarian Lingkungan

Jumat, 18 Agustus 2023 – 20:33 WIB
Gedung PT Sucofindo. Foto Sucofindo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengapresiasi PT SUCOFINDO atas komitmen mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk kelestarian lingkungan.

Hal ini disampaikan Alue Dohong dalam pembukaan perhelatan penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2023 di Semarang (9/8).

BACA JUGA: Lewat ENSIA 2023, SUCOFINDO Apresiasi 106 Pelaku Usaha

“Kami mengapresiasi SUCOFINDO, serta para pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial. Hal ini sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup, dan sejalan dengan instrumen PROPER,” ujar Alue Dohong.

Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas mengatakan perusahaan mendukung KLHK melalui layanan SUCOFINDO Green Generation.

BACA JUGA: HUT ke-34, Bank Sinarmas Banjir Promo dan Grand Opening Co-working Space

“Untuk mendukung KLHK dalam mewujudkan kelestarian lingkungan, SUCOFINDO mengusung program Green Generation di mana SUCOFINDO memiliki layanan yang berfokus pada pengurangan emisi dan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan,” kata Darwin Abas.

Layanan tersebut salah satunya layanan SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Gas Rumah Kaca (GRK).

BACA JUGA: Selamat! Pupuk Kaltim Raih 4 Penghargaan Platinum TJSL dan CSR Award 2023

“Layanan Validasi dan Verifikasi GRK ini mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya menurunkan emisi GRK, serta mampu memberikan kemudahan bagi perusahaan memastikan klaim informasi lingkungan, khususnya terkait GRK, sesuai dengan standar inventarisasi dan pelaporan, kerangka kerja, dan persyaratan yang berlaku sesuai dengan Standar SNI ISO 14064-3,” kata Kepala SBU Sertifikasi dan Eco Framework Budi Utomo.

Budi menambahkan PT SUCOFINDO memperluas ruang lingkup layanan Validasi dan Verifikasi dengan skema nilai ekonomi karbon (NEK).

“PT SUCOFINDO sudah memiliki 2 ruang lingkup akreditasi dari KAN, yaitu untuk ruang lingkup GRK dan NEK. Dan akreditasi ini menjadi yang pertama di Indonesia,” kata Budi.

Budi menyatakan impelempentasi Validasi dan Verifikasi Gas Rumah kaca, mampu memberikan jaminan atas klaim pengurangan emisi yang dinyatakan oleh perusahaan/proyek tersebut. Selain itu, dengan data yang akurat bisa menjadi acuan perusahaan membuat mitigasi atas perubahan iklim.

Selain itu, layanan Green generation lainnya adalah ESG Consultation dalam membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.

SUCOFINDO juga mampu melayani konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, Sertifikasi GGL (Green Gold Label).(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler