KLHK Bakal Pertahankan Sistem Pengelolaan Arsip

Jumat, 09 Agustus 2019 – 15:41 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendapat kategori baik terkait hasil pengawasan eksternal terhadap pengelolaan arsip kementerian atau lembaga pada 2016.

Selanjutnya di tahun 2018, hasil monitoring evaluasi pengawasan eksternal KLHK meningkat dengan hasil kategori sangat baik.

BACA JUGA: KLHK dan Gojek Kolaborasi Pengurangan Sampah Plastik, Begini Caranya

Prestasi ini merupakan kabar baik bagi KLHK sekaligus tantangan untuk menjaga dan meningkatkannya untuk jangka waktu kedepan.

"Karena pengelolaan arsip yang baik merupakan wujud pelayanan informasi kepada publik, menjaga akuntabilitas dan juga meningkatkan profesionalisme aparatur. Prestasi ini harus dapat dijaga dan tingkatkan di masa depan," ujar Kepala Biro Umum KLHK Samidi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (9/8).

BACA JUGA: Menteri Siti: Konservasi Alam Sudah jadi Perhatian Publik

BACA JUGA : PA 212 Paham Ganjalan Pemulangan Habib Rizieq Bukan Soal Dana

Samidi menambahkan, kegiatan sosialisasi pengawasan kearsipan perlu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 yang bertema SDM Unggul Indonesia Maju.

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaya Ingatkan Arahan Presiden Soal Pencegahan dan Pengendalian Karhutla

Sosialisasi ini perlu dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan motivasi, memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara serta menjaga nilai kesejarahan.

BACA JUGA : Apakah Mau Kursi Menteri? Ahok Jawab Begini

Ke depannya spirit peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-7 diharapkan juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kearsipan menjadi unggul, menuju Indonesia Maju.

"Arsip sesungguhnya merupakan warisan informasi berharga bagi generasi mendatang. Saya meyakini bahwa arsip memainkan peran penting dalam pengembangan masyarakat dengan menjaga memori individu dan kolektif bangsa. Keterbukaan akses terhadap arsip akan memperkaya pengetahuan kita tentang masyarakat, mendorong demokrasi, melindungi hak warga negara, dan meningkatkan kualitas hidup. Arsip juga memiliki peran strategis yang pada akhirnya berkontribusi dalam membantu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mencapai cita-cita nasional,” tambah dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Negara Tetangga Apresiasi Upaya Indonesia Cegah Terjadinya Kabut Asap


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler