KlikFilm dan JFA Gelar Kursus Soal Film, Libatkan Para Ahli

Minggu, 27 Oktober 2024 – 15:15 WIB
Direktur KlikFilm, Frederica (kanan) dan Founder Jogja Film Academy, Ifa Isfansyah (kiri) di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (25/10). Foto: Firda Junita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KlikFilm berkolaborasi dengan Jogja Film Academy (JFA) untuk mengadakan kursus film secara online.

Kursus online tersebut akan berlangsung mulai 1 hingga 30 November 2024 mendatang.

BACA JUGA: Perdana Akting Bareng Istri di Film Dosa Musyrik, Marthino Lio: Kesannya Seru

Program khusus itu memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempelajari berbagai aspek pembuatan film, mlai dari Producing, Directing, Scriptwriting, Cinematography, Editing, hingga Acting.

Adapun masing-masing aspek berisi 8 hingga 10 kali pertemuan.

BACA JUGA: Kapok Main Film Dewasa, Siskaeee Bakal Selektif Pilih Pekerjaan

Kursus online itu dirancang bagi para pecinta film, pelajar, maupun profesional yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam industri perfilman.

Direktur KlikFilm, Frederica mengatakan, event tersebut dilaksanakan untuk menambah pengetahuan tentang kualitas sineas Indonesia.

BACA JUGA: Comeback Lewat Film Perewangan, Shanty Akui Dirinya Penakut & Ajukan Syarat Khusus

"Kolaborasi ini merupakan langkah luar biasa untuk mendukung industri kreatif Indonesia. Dengan adanya kursus ini, kami berharap dapat melahirkan talenta-talenta baru yang siap berkarya di dunia perfilman," kata Frederica di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (25/10).

Founder Jogja Film Academy, Ifa Isfansyah mengungkapkan, kolaborasi dengan KlikFilm dirasa sesuai dengan misi dari JFA.

Menurutnya, KlikFilm adalah platform yang mempunyai kurasi film yang berkualitas dan penting untuk ditonton oleh semua yang ingin atau sedang belajar membuat film.

"Hal ini menjadi menarik jika salah satu konten yang ada di KlikFilm adalah program edukasi tentang teknis pembuatan film," ucap Ifa Isfansyah.

Sutradara Air Mata Surga itu berharap, adanya kursus online tersebut dapat memberikan dampak secara langsung untuk kualitas generasi baru pembuat film di Indonesia.

"Industri film Indonesia di era digital ini seharusnya bisa lebih menyebar, para pembuat film sudah harus percaya diri menceritakan cerita mereka sendiri di wilayahnya masing-masing. Semakin kursus ini bisa diakses lebih luas dan lebih mudah, semakin meningkatkan kualitas generasi baru," tutur Ifa Isfansyah.

Adapun program kursus film dipandu oleh para ahli berpengalaman di bidangnya, antara lain, CB. Triyanto Hapsoro (Acting For Film), Loeloe Hendra (Film Directing), Damar Ardi (Film Producing), Driepuaza Ryan Fortunanda (Film Editing), Agustya Herdwiyanto (Film Production Management), dan Dharma Putra P.N (Scriptwriting).

Kursus itu dilaksanakan secara online dan diakses di KlikFilm, sehingga secara biaya akan lebih terjangkau serta memberikan fleksibilitas bagi peserta dari berbagai daerah untuk berpartisipasi.

Setiap peserta bakal mendapatkan materi dan pelatihan langsung dari para mentor, serta kesempatan untuk berinteraksi dan mendapatkan masukan langsung.

Ke depannya, kursus online akan terus berkelanjutan setiap kuartal tiap tahunnya. Itu artinya, akan ada 4 periode tiap tahunnya.

Selain kursus produksi film secara online, kolaborasi antara KlikFilm dan JFA sebelumnya sudah terjalin, di antaranya lewat program JFA Talent Scholarship.

Yakni, program bantuan untuk dana Pendidikan sepenuhnya untuk calon mahasiswa baru JFA yang mempunyai bakat dan dilanjutkan dengan dukungan untuk produksi film cerita Panjang saat proses Pendidikan selesai.

Selain itu, ada JFA Talent Incubator, yakni program dukungan pendanaan dan pendampingan untuk alumni JFA.

Program tersebut akan membantu alumni untuk memperoleh banyak pengetahuan praktis dalam praktek industri film.

Alumni JFA terpilih juga telah mendapatkan dukungan pendanaan lewat JFA Talent Incubator. (mcr7/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler