Klose Bangga Dengan Polandia

Selasa, 29 Mei 2012 – 08:02 WIB

BASEL - Gelaran Euro 2012 nanti bisa menjadi ajang yang spesial bagi Miroslav Klose. Bukan lantaran dia masuk membela tim nasional Jerman dalam ajang empat tahunan itu,. Melainkan statusnya sebagai pemain nasional Jerman yang dilahirkan di Polandia, salah satu negara penyelenggara Euro.

Ikatan batin yang sangat kuat mengalir pada diri penyerang andalan klub SS Lazio itu. Ibunda Klose, Barbara, dulunya merupakan pemain sepakbola wanita nasional Polandia. Pemain yang musim lalu memperkuat Bayern Munchen itu dilahirkan di sebuah kota di pelosok negeri tersebut, Opole.

Meski kini dia berkewarga negaraan Jerman, Klose ternyata tidak malu menyatakan kecintaannya pada negara kelahirannya itu. "Polandia selalu ada di hatiku. Meninggalkannya adalah momen yang tak terlupakan bagiku," ujar Klose kepada WeltOnline seperti dikutip dari Goal.

Jerman sebenarnya bukanlah satu-satunya negara yang pernah menjadi tempat persinggahan hidup Klose. Sebelum keluarganya memutuskan pindah ke Kusel, Jerman, tahun 1985 silam, Klose kecil juga pernah hidup di Perancis beberapa bulan sejak dia dilahirkan. "Semuanya terasa kembali dari nol setelah kami pindah ke Jerman," lanjut dia.

Sebelum memutuskan bergabung membela panji timnas Jerman pada Maret 2001 silam, Klose sebenarnya nyaris berkostum merah Polandia. Tiga bulan sebelumnya, dia sempat mendapat tawaran bermain untuk timnas Polandia yang kala itu masih dibesut pelatih Jerzy Engel.

Bahkan, untuk mendapatkan persetujuan Klose, Engel harus jauh-jauh terbang ke Jerman untuk membicarakan tawaran tersebut. Namun, Klose tetap tidak bergeming dan memilih menunggu panggilan timnas Jerman. "Saat itu aku berpikir kalau aku masih punya paspor Jerman. Dan jika semuanya berjalan lancar, aku berpeluang bermain untuk Rudi Voeller (pelatih timnas Jerman kala itu, Red)," ujar Klose di situs pribadinya.

Ternyata penantian Klose tak sia-sia. Tiga bulan berselang dia dipanggil masuk timnas Jerman. Setahun kemudian, dia ikut mengantarkan Jerman berlaga di pentas Piala Dunia 2002 di Jepang-Korsel. Dia pun menjadi pencetak gol terbanyak di timnas Jerman dengan torehan lima gol. Selain Klose, penyerang Jerman lainnya Lukas Podolski juga berdarah Polandia.

Sayangnya, selama laga penyisihan Euro nanti baik Klose maupun Podolski tidak akan bisa menunjukkan kehebatannya di depan publik tanah kelahirannya, Polandia. Passalnya, Jerman yang tergabung di Grup B bersama Portugal, Denmark, dan Belanda harus melakoni seluruh laga penyisihan di Ukraina. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sodok Tiga Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler