KNP Dukung Ganjar Beri Edukasi Pelestarian Ekosistem Laut Untuk Pelaut Indramayu

Selasa, 09 Mei 2023 – 11:03 WIB
Kegiatan penyuluhan yang diadakan sukarelawan Ganjar Pranowo di Indramayu. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, INDRAMAYU - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan aksi nyata demi pelestarian ekosistem laut.

Kali ini, KNP memberikan edukasi tentang pelestarian lingkungan dan ekosistem laut di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, pada Selasa (9/5).

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Melesat, Hasto Sebut PDIP Senapas dengan Rakyat

Koordinator Wilayah (Korwil) KNP Jabar Asep Hidayat mengatakan pihaknya memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dengan tidak mencemari sebagai tempat mata pencarian para nelayan di Desa Eretan Kulon, Indramayu.indra

"Kami melakukan edukasi bagaimana nelayan seharusnya bisa menjaga ekosistem laut dengan tidak membuang sampah ke laut," ujar dia.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Melejit, Beda Jauh dengan Ganjar & Anies

Menurut Asep, ikan merupakan salah satu sumber pangan masyarakat sehingga ekosistemnya harus dijaga sehingga kualitas hasil tangkapan nelayan di laut baik.

"Karena ekosistem laut itu sangat penting sekali untuk kita jaga. Ikan laut salah satu sumber pangan. Karena itu, kami harus menjaga lingkungan laut dengan tidak membuang sampah ke laut," ujarnya.

BACA JUGA: GMP Targetkan Pembentukan Sukarelawan Ganjar pada Seluruh Desa di Jabar

Para pendukung Ganjar Pranowo tersebut juga memberikan sekitar 20 kaleng cat isi 3 kilogram untuk memperbaiki perahu para nelayan setempat yang dipakai untuk berlayar mencari ikan.

"Cat diberikan untuk perbaikan perahu agar makin estetik dan aman ketika digunakan saat berlayar mencari ikan," katanya.

Selain itu, komunitas tersebut memberikan sekitar sepuluh tong sampah.

"Kami juga berikan tong agar sampah-sampah yang ada di laut bisa dikumpulkan lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah," ucapnya.

Asep mengatakan para nelayan di wilayah ini menyambut antusias edukasi tersebut. Mereka juga senang bisa mendapatkan bantuan cat dan tong.

Sementara itu, Satari (40) nelayan Eretan Kulon, mengatakan pihaknya antusias mengikuti edukasi yang disampaikan sukarelawan KNP Jabar.

Dengan edukasi ini, wawasannya dan nelayan lain bertambah akan pentingnya pelestarian ekosistem laut.

Menurut dia, banyak sampah laut yang ditemukannya. Setelah mengikuti edukasi tersebut, para nelayan makin peduli dengan laut sebagai mata pencaharian.

"Tentang pelestarian lingkungan hidup. Seperti sampah-sampah yang kami temukan di laut harus dibawa ke darat agar bisa dibuang ke tempat pembuangan sampah," kata dia. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mak Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Roti Bareng Komunitas Pedagang Kue


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler