KNP Edukasi Nelayan Banyuasin untuk Jaga Lingkungan hingga Sosialisasikan Sosok Ganjar

Senin, 29 Mei 2023 – 15:21 WIB
Sukarelawan Ganjar yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatera Selatan mengedukasi nelayan pesisir di Banyuasin tentang pentingnya menjaga lingkungan perairan hingga sosialisasi sosok Ganjar, Minggu (28/5). Foto: Dokumentasi Sukarelawan Ganjar

jpnn.com, BANYUASIN - Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatera Selatan melakukan edukasi menjaga lingkungan perairan di sekitar Sungai Musi.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Perajin Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Minggu (28/5).

BACA JUGA: KNP Dukung Ganjar Beri Edukasi Pelestarian Ekosistem Laut Untuk Pelaut Indramayu

“Acara hari ini kami melakukan silaturahmi kepada nelayan pesisir di Desa Perajin. Yang kedua, kami sekaligus menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden,” kata Koordinator Wilayah KNP Sumatera Selatan Heldi Bagja.

BACA JUGA: KNP Dukung Ganjar Lakukan Penyuluhan Pelestarian Air di Takalar

Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Pasalnya, edukasi tentang menjaga lingkungan perairan bisa menambah wawasan dan kesadaran mereka.

Bagja mengakui lingkungan perairan di desa tersebut sudah tercemari limbah industri hingga sampah rumah tangga.

“Kami perlu edukasi masyarakat sebagai agent of control sehingga bisa mengontrol perusahaan-perusahaan yang ada di sini. Kalau perusahaan itu membuang limbah berlebihan atau tidak diolah lagi, yang dirugikan adalah masyarakat dan nelayan,” ujar Bagja.

Kerusakan lingkungan perairan akibat pencemaran dikhawatirkan dapat mengurangi hasil tangkapan ikan dari para nelayan yang beroperasi di Sungai Musi.

Kehadiran para sukarelawan Ganjar di sana semakin diterima, karena mereka juga memberikan bantuan alat pancing ikan tradisional yang biasa disebut 'rawai' oleh warga setempat.

Setelah melakukan serangkaian sosialisasi kepada para nelayan, dukungan terhadap Ganjar menjadi presiden di Pilpres 2024 kian meningkat.

“Apalagi, kami ketahui betul Pak Ganjar ini sangat peduli dengan nelayan. Contohnya, pada 2022 dia membuat aplikasi untuk mengontrol (memantau kondisi) cuaca sehingga nelayan yang ingin melaut itu bisa melihat aplikasi terlebih dahulu,” kata Bagja.

Di Desa Perajin terdapat sedikitnya empat kelompok nelayan yang beranggotakan hingga sekitar 100 orang nelayan per kelompok.

Namun, hasil tangkapan ikan mereka diakui terus menurun akibat cuaca buruk, terutama hujan lebat.
Selain itu, kerusakan lingkungan juga ikut memengaruhi.

Karena itu, para nelayan berterima kasih kepada para sukarelawan Ganjar yang telah melakukan kegiatan edukasi dan pemberian bantuan untuk mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Komunitas Nelayan Pesisir Wilayah Sumatera Selatan telah memberikan edukasi kepada nelayan untuk menjaga lingkungan,” ujar perwakilan nelayan setempat, Geni Lesmana.

Menurutnya, sosok Ganjar Pranowo dinilai baik karena memperhatikan kondisi masyarakat pesisir di desa-desa selaku Gubernur Jawa Tengah.

Geni pun berharap Ganjar bisa terus perhatian kepada masyarakat pesisir di seluruh Indonesia setelah terpilih menjadi Presiden 2024.

“Kedekatan terhadap masyarakat pesisir kita akui sangat layak untuk kita pilih sebagai calon presiden Republik Indonesia,” ujarnya menegaskan. (mar1/jpnn)

#GanjarPranowo
#KomunitasNelayanPesisir
#SukarelawanGanjar
#LingkunganPerairan

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler