KNPI Bantu Korban Erupsi Semeru, Gus Ipin: Ini Bentuk Konkret Nilai Gotong Royong

Sabtu, 11 Desember 2021 – 22:50 WIB
Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah (ketiga dari kanan) saat meninjau warga yang terkena bencana erupsi Semeru di Kecamatan Candi Puro, Jumat (10/12). Foto: Humas KNPI

jpnn.com, LUMAJANG - Gerak cepat DPP KNPI yang dipimpin Noer Fajrieansyah dalam membantu korban bencana erupsi Semeru mendapat apresiasi banyak pihak.

KNPI dinilai responsif dalam melihat persoalan yang dihadapi masyarakat.

BACA JUGA: Tinjau Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru, KNPI Salurkan Bantuan

"Ini adalah bentuk konkret dari semangat gotong royong kaum muda dalam rangka membantu pemulihan pasca bencana erupsi," ujar Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12).

"DPP KNPI di bawah kepemimpinan Bung Fajrie terbukti mampu membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat. Salah satu bentuk konkretnya penyaluran bantuan kemarin," lanjut Gus Ipin-sapaan Muhammad Nur Arifin-.

BACA JUGA: 7 Pernyataan Tegas Wamenag soal Guru Pesantren Cabul

Tak hanya memberikan bantuan yang sifatnya fisik, KNPI juga membantu dalam aspek pemulihan psikis para korban bencana.

"Trauma healing ini sangat penting bagi mereka. Setidaknya meringankan dampak psikologis yang mereka tanggung. Kami ucapkan terima kasih kepada KNPI dan Bung Fajrie," lanjut Gus Ipin.

BACA JUGA: Irjen Rudy Heriyanto Sudah Gerah: Tembak di Tempat

Dalam kesempatan itu, Gus Ipin yang juga Ketua DPD KNPI Jawa Timur mengucapkan terima kasih pada KNPI, khususnya Fajrie, atas dipilihnya Jawa Timur menjadi tuan rumah rapat pimpinan paripurna nasional (Rapimpurnas) Pemuda/KNPI.

"Ini kado istimewa buat Jawa Timur yang sedang berduka atas musibah erupsi Gunung Semeru," katanya.

Sebelumnya, DPP KNPI memberikan sejumlah bantuan kepada para korban di Kecamatan Candi Puro yang notabene pusat terdampak erupsi.

Fajrie secara langsung meninjau daerah terdampak erupsi, Jumat (10/12) disela-sela persiapan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional Pemuda DPP KNPI.

Adapun peninjauan lokasi dilaksanakan di Kampung Renteng, Sumber Wuluh, Kecamatan Candi puro. Sementara lokasi pemberian sembako dilakukan di Pondok Pesantren Ulul Albab.

Fajrie mengungkapkan, pada pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini, KNPI menyalurkan beragam bantuan kepada masyarakat terdampak. Mulai dari pakaian, bahan pokok, obat-obatan dan kebutuhan lainnya senilai Rp200 juta.

"Kami harap bisa meringankan mereka," jelas Fajrie.

Dalam kesempatan itu, Fajrie berterima kasih atas kehadiran Ketua DPP KNPI dan juga Ketua DPD KNPI Jawa Timur.

"Kami berterimakasih atas bantuan untuk korban erupsi Semeru. Terimakasih juga karena sudah memberikan suntikan semangat untuk pemuda Lumajang yang menjadi relawan. Semoga kita bisa segera keluar dari situasi buruk ini," jelas Fajrie.

Dia mengingatkan kalau bencana belum usai. Yang berat bukan hanya pada saat bencana, bagaimana mengatur evakuasi , bagaimana mengatur pengungsi, bagaimana mengatur alur distribusi, yang terberat adalah pascabencana bagaimana upaya dalam membentuk situasi agar bisa normal kembali. (rhs/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler