Koalisi dengan PKS, Gerindra Belum Pastikan Usung Gus Irawan

Minggu, 27 Agustus 2017 – 00:12 WIB
Gus Irawan Pasaribu. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - PKS dan Gerindra akan berkoalisi menghadapi pilgub Sumut 2018 mendatang. Namun, belum diputuskan siapa nama yang akan diusung sebagai calon gubernur.

Dikabarkan koalisi ini akan mengusung lagu Gus Irawan, politikus Gerindra yang pernah maju di pilgub Sumut lima tahun silam.

BACA JUGA: Dukungan Golkar untuk Tengku Erry Bikin NasDem Serba Salah

Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPW PKS Sumut, Satrya Yudha Wibowo menyebutkan, sampai saat ini belum ada kesepakatan, apakah Gus Irawan di posisi Sumut 1 atau Sumut 2. Menurutnya, keputusan resmi itu akan disampaikan secara resmi oleh parpol koalisi.

"Kita hargai apa yang menjadi keputusan Gerindra. Tapi, keputusan resmi itu ketika yang mengumumkan kedua belah pihak yakni PKS dan Gerindra," kata Satria kepada Sumut Pos (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Golkar Targetkan Sapu Bersih Seluruh Pilkada di Sumut

Menurut dia, PKS juga bisa saja membuat keputusan internal. Namun, itu tetap harus dikomunikasikan dengan Gerindra sebagai mitra koalisi.

"Di internal PKS ada lima nama yang muncul untuk menjadi balon gubernur Sumut diantaranya Tifatul Sembiring, M Hafez, Iskan Qolba Lubis, Anshori Siregar, serta saya sendiri. Itu kan masih keputusan internal," bilangnya.

BACA JUGA: Edy Rahmayadi Ikut Pilgub Sumut? Ini Kata PSSI

Segala hal, diyakininya akan menjadi pertimbangan oleh DPP Gerindra dan PKS saat menentukan pasangan calon yang akan bertarung di Pilgubsu 2018. Termasuk perihal kekalahan Gus Irawan di Pilgub Sumut 2013.

Anggota DPRD Sumut inipun tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan PAN, Demokrat.

"Situasi saat ini masih cair. Sama siapa pun bisa berkoalisi, contohnya ketika di Pilkada Jakarta. Ketika itu koalisi batal karena tidak menemukan kata sepakat tentang sosok yang akan di usung," jelasnya.

Dia meyakini, dalam waktu dekat sudah akan ada keputusan siapa yang akan di usung Gerindra-PKS. "Begitu sudah sepakat langsung akan diumumkan, saya pikir tidak akan lama lagi," tukasnya.

Sementara Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Robert Lumbantobing menyebutkan, mereka akan berkomunikasi dengan PKS dan menentukan sosok pendamping Gus Irawan Pasaribu.

"Akan dicari sosok pendamping ideal, tentu yang bisa meningkatkan elektabilitas Pak Gus," bilangnya.

Meski akan melawan incumbent T.Erry Nuradi, kata Robert, pihaknya tidak akan gentar. Sebab, berdasarkan hasil survei Gus Irawan selalu berada di peringkat tiga besar.

"Artinya apa, ketika bisa menemukan pendamping yang tepat, maka elektabilitas akan naik, dan peluang menang semakin besar," tukasnya.

Sementara seorang pengurus DPP Partai Gerindra, Rahmat Sori Alam Harahap mengatakan, dukungan partainya kepada Gus Irawan Pasaribu sebagai calon Gubernur Sumut belum final.

Rahmat yang juga mantan Ketua DPD Gerindra Sumut itu juga mengatakan, semua bakal calon masih berpeluang didukung Gerindra.

Rahmat menjelaskan, DPP Partai Gerindra hingga saat ini belum mengeluarkan keputusan resmi.

Terdapat banyak tokoh yang ada di daftar pencalonan Gerindra. "Dari beberapa nama tokoh yang masuk ke DPP, benar ada Gus Irawan Pasaribu, namun belum diputuskan bahwa Gerindra akan mengusung Gus Irawan," katanya. (dik/adz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hanura Lebih Pilih Edy Rahmayadi Ketimbang Brigjen TNI (Purn) Ini


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler