Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo Makin Solid

Jumat, 04 Agustus 2023 – 07:01 WIB
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo bersama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek yang juga Bupati Trenggalek M. Nur Arifin dalam Rapat Konsolidasi Organisasi Internal Partai, Senin (31/7). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Partai koalisi pengusung bacapres Ganjar Pranowo makin solid menjelang Pilpres 2024. Koalisi fokus menyusun dan menjalankan strategi untuk memenangkan pilpres.

"Sejauh ini sangat solid. Terakhir kami melakukan pendidikan Jurkamnas Ganjar," kata Juru Bicara PPP Achmad Baidowi.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Sowan ke Ponpes Keluarga Mbah Moen di Cirebon

Sejauh ini, partai koalisi pendukung Ganjar, yakni PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo.

Dia mengatakan, partai lain, seperti PAN, Golkar, PKB, dan Demokrat dalam posisi penjajakan untuk bergabung.

BACA JUGA: Ganjar Dapat Gelar Gubernur Punakawan Berkat Kreativitas dan Inovasinya

Awie, panggilan Achmad Baidowi, mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak pernah secara resmi menyatakan bergabung dengan koalisi pendukung Ganjar.

Oleh karena itu, bila PSI memilih mendukung bacapres lain, itu tidak akan berpengaruh pada pencalonan Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Turut Beri Perhatian Khusus pada Isu Perempuan

"Koalisi tetap saja berjalan. Tanpa PSI tidak ada masalah dengan koalisi yang ada kami sudah bisa mengusung pasangan calon. Kalau partai lain seperti PSI tidak mau bergabung ya bagaimana lagi. Kami tetap jalan, dan kami tidak terpengaruh," ujar Awie.

Sementara, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menyebutkan mayoritas publik menilai Presiden Joko Widodo mendukung pencapresan Ganjar.

Sebanyak 40,6 persen responden menilai Presiden Joko Widodo mendukung Ganjar.

Pendiri SMRC Saiful Mujani itu menilai dukungan Jokowi kepada Ganjar wajar karena ada di partai yang sama, yakni PDI Perjuangan.

"Terlihat langsung menghadiri deklarasi Ganjar. Harusnya, setidak-tidaknya dari harapan pendukung Ganjar itu mayoritas di masyarakat punya opini bahwa Pak Jokowi mendukung Ganjar," ujar Saiful.

SMRC juga memotret pendapat responden terkait sosok yang dianggap mampu melanjutkan program pembangunan di era Jokowi. Hasilnya, Ganjar memperoleh 40% suara. Di urutan kedua ada Prabowo dengan 29,7% suara.  (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler