Kode Ganjar, Gus Imin Pilih Merah, Prabowo Tak Usah Resah

Selasa, 25 Juli 2023 – 11:07 WIB
Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo. Foto: Instagram @ganjar_pranowo

jpnn.com - JAKARTA - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo bak memberi kode bahwa Muhaimin Iskandar atau Gus Imin bakal membawa PKB berkoalisi dengan partainya -yang identik dengan warna merah.

Tanda itu tak kentara, tetapi cukup mengena.

BACA JUGA: Bola Panas, Ganjar-Cak Imin, Prabowo-Erick, Anies-Belum Tahu

"Biar energinya makin bertambah, Gus Imin ternyata memilih minuman berwarna merah," tutur Ganjar di Instagram pada akun ganjar_pranowo.

Suami dari Bu Siti Atikoh tersebut menyuratkan itu di bawah foto dirinya bersama Gus Imin.

BACA JUGA: Demokrat Bangga AHY Jadi Calon Kuat Pendamping Ganjar, Anies Bakal Ditinggal?

Sepertinya momen kebersamaan Ganjar dengan Gus Imin itu bertepatan dengan puncak harlah ke-25 PKB di Surakarta pada Minggu (23/7).

"Sehat selalu, gus. Semoga di harlah ke-25 ini PKB makin membawa berkah," tutur Ganjar.

BACA JUGA: Ahmad Muzani Berpantun Goda Demokrat, Sebut Prabowo Bakal Lebih Kuat

Apa yang terjadi andai Gus Imin benar-benar membawa PKB masuk ke gerbong pengusung Ganjar di Pilpres 2024?

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani telah terang-terangan menyebutkan pihaknya sudah mengerucutkan lima nama bakal cawapres pendamping Ganjar.

"Dahulu ada sepuluh. Sekarang mengerucut lima nama. Salah satunya Cak Imin," kata Puan setelah menghadiri puncak harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Surakarta atau Solo, Minggu (23/7).

Mbak Puan menyebut empat nama lainnya, yakni Sandiaga Uno (PPP), Erick Thohir (konon diusung PAN), Agus Harimurti Yudhoyono a.k.a AHY (Demokrat), dan Andika Perkasa (mantan Panglima TNI).

Jika Gus Imin bersama PKB mendukung Ganjar, maka kekuatan pemenuhan persyaratan pendaftaran capres-cawapres dari kubu PDIP makin luber.

UU Pemilu mengatur bahwa capres-cawapres boleh diusulkan parpol atau gabungan parpol peserta pemilu, yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari total kursi DPR, atau 25 persen dari suara sah nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di DPR. Jadi, paket capres-cawapres pada Pilpres 2024 kudu punya dukungan minimal 115 kursi di DPR.


DPR Hasil Pemilu 2019. Grafis: wiki

PDI Perjuangan dengan 128 kursi, sejatinya bisa jalan sendiri ke kantor KPU.

Kalau ditambah PKB (58) dan PPP (19) yang sudah merapat lebih dahulu ke PDIP, total 205.

Gerindra (78) yang sudah nyaris satu tahun bersama PKB, sesungguhnya tak perlu gelisah andai Gus Imin tergoda rayuan PDIP.

Dengan magnet Prabowo Subianto, dan hanya butuh 37 suara (115-78) untuk mendaftarkan paketnya ke KPU pada 19 Oktober-25 November 2023, Gerindra bisa merayu salah satu partai, yakni PAN (44), Golkar (85) atau bahkan Partai Demokrat (54). (ig/adk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler