Kolaborasi Duo Yahya Gulirkan 'One Pacific Destination' untuk Pariwisata

Kamis, 30 Mei 2019 – 16:20 WIB
Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dalam acara Bali Sales Mission di 'Bali Beyond Sales Mission' di Christchurch, Senin (27/5). Foto: KBRI Wellington

jpnn.com, CHRISTCHURCH - Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengajak negara-negara Pasifik untuk lebih getol dalam memasarkan potensi pariwisata. Menurutnya, salah satu forum yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi turisme negara-negara Pasifik adalah Pacific Exposition 2019 pada 12-14 Juli mendatang.

Tantowi mengatakan, Indonesia punya visi besar di bidang pariwisata bagi negara-negara Pasifik. Tawaran Indonesia adalah konsep One Pacific Destination atau Destinasi Satu Pasisik.

BACA JUGA: Tonjolkan Kepasifikan Indonesia, Himpun 18 Negara Pasifik Pamerkan Potensi

“Indonesia memiliki visi besar mengintegrasikan negara-negara di Pasifik menjadi satu tujuan pariwisata terpadu,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington. Baca juga: Tonjolkan Kepasifikan Indonesia, Himpun 18 Negara Pasifik Pamerkan Potensi

Sebelumnya Tantowi pada Senin lalu (27/5) menjadi pembicara pada Bali Beyond Sales Mission di Christchurch, Selandia Baru. Forum itu merupakan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI mempromosikan daerah-daerah wisata selain Bali agar mendunia.

BACA JUGA: Ini Komentar Pak Jokowi Usai Menginspeksi KEK Mandalika


Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dalam Bali Sales Mission di Christchurch. Foto: KBRI Wellington

Tantowi dalam forum yang dihadiri agen dan praktisi pariwisata itu menuturkan, melalui integrasi destinasi maka akan makin banyak daerah wisata di Pasifik yang dikunjungi turis Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Tiongkok ataupun negara-negara lain di Asia. Dubes RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Tonga itu menjelaskan Pasifik menyajikan keindahan dan keunikan yang tak bisa dijumpa di belahan lain di Bumi.

BACA JUGA: Sejumlah Fakta Miris Akibat Harga Tiket Pesawat Mahal

Selain keindahan alam, kata Tantowi, Pasifik juga memiliki budaya. “Keindahan dan keunikan Pasifik secara paripurna karena ada Indonesia di dalamnya,” ujar ambasador berlatar belakang entertainer itu.

Baca juga: Prakarsai Pacific Expo demi Perkuat Posisi Indonesia sebagai Bagian Pasifik

Namun, ujar Tantowi, upaya untuk menjadikan kawasan Pasifik sebagai destinasi wisata terpadu juga memerlukan kerja bersama. "Ini tantangan bagi kita, bagaimana nanti negara-negara yang sudah maju pariwisatanya seperti Australia, Selandia Baru dan Fiji mau bersama-sama mendukung gagasan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Tantowi mengatakan, One Pacific Destination merupakan ide murni Indonesia. Untuk itu, Tantowi telah membicarakannya dengan Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya.

"Kami banyak dibantu Pak Arief. Beliau visioner, mempunyai pandangan dan visi yang sama dengan kami dalam memajukan pariwisata di kawasan ini dan timur Indonesia,” ujar Tantowi.

Karena itu Pacific Expo 2019 yang diinisiasi Indonesia akan menjadi ajang awal untuk menggulirkan ide Destinasi Satu Pasifik. “Saatnya kita berperan di Pasifik,” pungkas Tantowi.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cerita Dubes Tantowi tentang Kenikmatan Jalani Ramadan di Negeri Kiwi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler