Koleksi 9 Poin, Ayam Kinantan Kokoh Bertengger di Puncak Klasemen

Minggu, 07 Mei 2017 – 15:54 WIB
Fans PSMS Medan. Foto: psmsmedanfansclub

jpnn.com, MEDAN - PSMS Medan kokoh bertengger di puncak klasemen kompetisi Liga Dua dengan sembilan angka.

Tim berjuluk Ayam Kinantan itu bertahan di puncak setelah sukses mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-0 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (6/5).

BACA JUGA: Bermodalkan Hasil Minor, Persih Tetap Berharap Bisa Curi Poin di Kepri

Kemenangan ini diraih dengan susah payah. Bermain di hadapan pendukung sendiri, PSMS sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan. Pressing ketat dari Persiraja membuat PSMS terkejut.

PSMS baru bisa menciptakan peluang setelah laga berjalan sekitar 10 menit. Berawal dari tendangan pojok Fredyan Sugiyantoro, bola disundul Dimas Drajad. Namun pemain belakang Persiraja mampu membuang bola, sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

BACA JUGA: 757 Kepri Jaya Yakin Raup Poin Penuh di Laga Kandang Perdana

Tuan rumah kembali memiliki peluang di menit ke-34. Sundulan M Zulfikar masih bisa ditangkap kiper Persiraja, Rahmanuddin. Berselang lima menit, PSMS kembali memiliki peluang melalui sundulan Choirul Hidayat. Tapi bola masih bisa disapu pemain belakang Persiraja.

Persiraja sendiri bukan tanpa peluang. Pada pertengahan babak pertama, tendangan Agung Rizkiawan masih melebar dari gawang PSMS yang dijaga Abdul Rohim.

BACA JUGA: Laga Perdana di Kandang, Kepri Jaya FC Ogah Dipermalukan Tim Lawan

PSMS sempat melakukan pergantian jelang babak pertama berakhir. Frets Listanto Butian dimasukkan menggantikan Choirul Hidayat. Tapi hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tercipta.

Pada babak kedua, PSMS meningkatkan permainan dengan mengandalkan serangan cepat. Strategi ini berhasil. Pada menit ke-53, Suhadi berhasil membuka keunggulan, setelah tendangannya dari luar kotak penalti menembus gawang Persiraja.

Hanya berselang satu menit, kiper PSMS Abdul Rohim melakukan penyelamatan gemilang. Dia berhasil menepis tendangan bebas Dian Ardiansyah. Selepas itu, PSMS memiliki peluang melalui Suhadi, Sugiyantoro dan Frets Listando. Tapi semua peluang itu masih gagal menjadi gol.

Di menit ke-63, PSMS akhirnya menambah keunggulan melalui penalti. Wasit memberikan penalti setelah pemain Persiraja menjatuhkan Dimas Drajad, yang sudah berhadapan dengan Rahmanuddin di kotak penalti. Sugiyantoro yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya.

Gol tersebut semakin menambah motivasi pemain PSMS. Mereka menggempur pertahanan Persiraja dari segala lini. Frets Listanto akhirnya melengkapi kemenangan PSMS melalui golnya di menit ke-83. Berawal dari tendangan bebas Tri Hardiyansah, bola disapu pemain belakang Persiraja, kemudian disundul Frets menjadi gol.

Unggul tiga gol, Mahruzar menarik Dimas Drajad kemudian digantikan Reza Fahlevi. Reza memiliki peluang emas menambah gol di masa injury time. Sayang sundulannya masih bisa ditangkap kiper Persiraja. Hingga laga usai, PSMS menang dengan skor 3-0.

Kemenangan ini membuat membuat PSMS memimpin klasemen sementara Grup 1 kompetisi Liga Dua dengan poin sempurna. Ayam Kinantan mengoleksi sembilan angka dari tiga pertandingan. Hebatnya, Legimin Raharjo dkk belum pernah kebobolan dan sudah mencetak sembilan gol.

Usai pertandingan, Pelatih PSMS Mahruzar Nasution mengakui anak asuhnynya sempat kesulitan keluar dari pressing ketat yang diperagakan para pemain Persiraja. "Beruntung di babak kedua mereka mampu bangkit dan mencetak tiga gol," ujarnya.

Mahruzar menambahkan, gol indah yang dicetak Suhadi merupakan penentu pada laga ini. Sebab, setelah unggul, para pemain PSMS bermain lebih baik. "Gol itu (Suhadi) membuat para pemain semakin termotivasi untuk menambah gol," paparnya seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Sedangkan asisten pelatih Persiraja Akhyar Ilyas tetap memuji penampilan para pemainnya. Menurutnya, skuad Laskar Rencong sempat mengimbangi para pemain PSMS di babak pertama. Sayangnya, di babak kedua, penampilan mereka menurun.

"Saya tetap puas dengan penampilan para pemain muda kami, terutama di babak pertama. Mereka mampu mengimbangi para pemain PSMS. Hanya saja stamina mereka menurun di babak kedua, sehingga PSMS mampu mencetak gol," sebutnya.

Setelah pertandingan ini, PSMS Medan akan kembali menjadi PSBL Langsa pada Sabtu (13/5) mendatang. Saat bersamaan, Persiraja Banda Aceh bertandang ke markas PSPS Pekanbaru. (dek)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Pemain Cedera, Persiraja Pincang Hadapi PSMS Medan


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler