Komisi I: Masyarakat Curigai Aparat

Senin, 11 Juni 2012 – 11:07 WIB
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan aparat pengamanan belum bisa memastikan siapa pelaku penembakan terhadap warga di Papua. Namun, dari hasil kunjungan kerja Komisi I akhir pekan lalu, ditemukan beberapa pandangan berbeda antara masyarakat dan aparat keamanan.

"Kami bicara ke masyarakat, mereka mencurigai keterlibatan aparat. Tapi dari aparat curiganya dengan orang bersenjata. Harus diungkap siapa yang mendalangi," kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/6).

Mahfudz yang memimpin langsung rombongan ke Papua itu menegaskan pihaknya melihat ada keragu-raguan aparat dalam bertindak. Menurutnya, polisi menduga datangnya aksi ini dari kelompok-kelompok sipil dari pegunungan. "Sangat kuat dan daya mobilisasi sangat kuat," kata dia.

Menurut Mahfudz, Kapolda Papua juga menjelaskan, tidak ada kepercayaan yang tinggi masyarakat kepada aparat keamanan. Begitu juga dengan pemerintah pusat yang dinilai tidak jelas komitmennya dalam membangun Papua.

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, mengatakan, sekarang ini masalah Papua masih dalam tahap yang penyelidikan. Dijelaskan, di peraturan perundang-undangan dalam hal masih ada internal tread seperti ini, biar Polri dulu yang menyelidiki dan memastikan. Tapi, kata dia, Badan Intelijen Negara juga tetap turun tangan. "Apalagi di sana sudah ada perwakilan BIN. Jadi, sekarang sedang dipastikan siapa, diproyeksi ini mesti hati-hati karena masalah Papua ini sangat sensitif sekali," kata Purnomo, di DPR, Jakarta, Senin (11/6). (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Konflik Suriah, WNI Dievakuasi Paksa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler