Komisi II Ingatkan Pemerintah Perhatikan Tenaga Honorer

Kamis, 07 September 2017 – 13:03 WIB
Hetifah Sjaifudian. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Mulai Rabu (6/9) kemarin, sejumlah kementerian dan lembaga membuka lowongan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang kedua, dibuka hingga 25 September 2017.

Sebelumnya lowongan CPNS gelombang pertama dibuka pada 1-31 Agustus 2017. Kali ini lowongan dibuka untuk mengisi sejumlah jabatan di 60 kementerian/lembaga, satu pemerintah provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

BACA JUGA: Parlemen Harus Mendorong Kecukupan Pendanaan SDGs

Di kementerian/lembaga terdapat 17.428 lowongan, sedangkan di pemprov Kalimantan Utara dibuka 500 lowongan. Jadi totalnya ada 17.928 lowongan CPNS.

Anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, pemerintah harus siap untuk mengatasi lonjakan peminat, agar para peserta tidak kesulitan mendaftar melalui situs. “Hingga saat ini, banyak peserta yang kesulitan mendaftar karena situs tidak bisa diakses,” terangnya.

Khusus untuk penerimaan CPNS di Provinsi Kaltara, Hetifah bersyukur bahwa lowongan CPNS yang diperuntukkan untuk Kaltara akhirnya dibuka, tetapi jumlah jabatan masih kurang mengingat Kaltara merupakan provinsi baru.

“Tahun lalu saja kebutuhan pegawai Kaltara mencapai 2.064 orang, sudah menguggah sedikitnya 5.164 kebutuhan formasi ke situs e-formasi Kemenpan-RB. Tapi yang disetujui hanya 500 jabatan,” terang Hetifah.

Selain itu, pemerintah juga harus memperhatikan tenaga honorer yang sudah lama mengabdi, serta ketidakjelasan status mereka hingga sekarang.

“Dalam persyaratan lowongan CPNS sekarang, banyak tenaga honorer yang terkendala usia. Dulu maksimal usia pendaftaraan untuk kualifikasi pendidikan S1 adalah umur 35 tahun, tetapi sekarang hampir di semua intansi pemerintah yang membuka lowongan, diturunkan menjadi 27-33 tahun. Tentu ini menutup peluang mereka untuk menjadi PNS, Padahal untuk beberapa jenis pekerjaan, seperti pendidikan dan kesehatan, pengalaman justru diperperlukan.” tutup Hetifah. (adv/jpnn)

BACA JUGA: Agun Serukan KPK Penuhi Undangan Pansus

BACA JUGA: Dailami Firdaus Terlibat Aksi Solidaritas untuk Rohingya

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setya Novanto Bahas Tragedi Kemanusiaan di Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler