Parlemen Harus Mendorong Kecukupan Pendanaan SDGs

Kamis, 07 September 2017 – 11:51 WIB
Ketua DPR RI Setya Novanto membuka ajang World Parliamentary Forum on Sustainable Development (Forum Parlemen Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan) di Bali Nusa Dua Convention Center, 6-7 September 2017. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, NUSA DUA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan menyambut baik diselenggarakannya World Parliamentary Forum on Sustainable Development di Nusa Dua Bali pada 6-7 September 2017. Pertemuan yang secara khusus membahas tentang Sustainable Development Goals (SDGs) ini, merupakan inisiatif dari Parlemen Indonesia dan merupakan pertemuan pertama yang diselenggarakan dengan melibatkan anggota parlemen dari berbagai benua.

Sugeng Bahagijo, Direktur Eksekutif INFID menyatakan dengan kewenangan yang dimiliki, parlemen di Indonesia dan negara-negara lain memiliki peran kunci dalam pelaksanaan dan pencapaian SDGs. Terdapat dua ukuran untuk menilai peran parlemen yang efektif. Pertama, mengatasi defisit pendanaan.

BACA JUGA: Agun Serukan KPK Penuhi Undangan Pansus

Kedua, mengatasi defisit kualitas pemerintah (quality of government), yaitu pemerintah yang non-diskriminatif yang melindungi semua, termasuk kelompok minoritas dan kelompok rentan. Kapasitas pemerintah yang imparsial dan efektif sangat diperlukan untuk mendeliver Tujuan dan Target SDGs.

Sebagaimana diketahui tiap tahun untuk mencapai SDGs dibutuhkan total dana 7-8 triliun USD, sementara dana publik (pemerintah) diperkirakan hanya sebesar 1 triliun USD. Juga diketahui bahwa negara-negara berkembang dan miskin memiliki kapasitas dan kualitas yang rendah,termasuk tindakan-tindakan diskriminatif dan intoleran terhadap kelompok minoritas.

BACA JUGA: Dailami Firdaus Terlibat Aksi Solidaritas untuk Rohingya

Sementara Wahyu Susilo, Direktur Eksekutif Migrant Care menyatakan bahwa pertemuan di Bali harus menjadi bukti nyata kepemimpinan Indonesia dalam pelaksanaan SDGs di tingkat global. Parlemen juga harus berkomitmen untuk melaksanakan hasil dari pertemuan dua hari ini yang dituangkan dalam Bali Declaration, imbuh Wahyu.

Misiyah, Direktur Eksekutif Institute KAPAL Perempuan menyampaikan menyatakan isu gender menjadi isu bersama berbagai negara diantara isu-isu penting lainnya yaitu perdamaian, penghapusan kemiskinan dan lingkungan hidup. Disinilah menuntut parlemen untuk bersungguh-sungguh memastikan kebijakan-kebijakan dan penganggaran yang mengarusutamakan gender di semua tujuan SDGs, inklusif dan memberikan afirmasi untuk memastikan tidak seorangpun tertinggal dalam menikmati hasil pembangunan.

BACA JUGA: Setya Novanto Bahas Tragedi Kemanusiaan di Dunia

Hamong Santono, Senior Program Officer SDGs INFID menganjurkan dua langkah kepada parlemen Indonesia yaitu pertama Parlemen Indonesia bersama pemerintah untuk menghitung pendanaan untuk mencapai sebagaian atau seluruh target SDGs 13 tahun ke depan hingga 2030. Kedua, mempercepat penyusunan rencana aksi dan peta jalan SDGs untuk Indonesia, khususnya prioritas untuk terorisme, konflik dan pemerintahan yang terbuka, sesuai Tujuan 16 SDGs.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... World Parliamentary Forum, Novanto Soroti Konflik Rohingnya


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler