Komite Ajak LSM Awasi Konvensi

Sabtu, 28 September 2013 – 14:01 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Internal Komite Konvensi Partai Demokrat menyimpan semangat kuat untuk menghadirkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan konvensi. Terkait dengan sumbangan dana pihak luar bagi peserta konvensi, anggota komite Effendi Gazali juga berjanji ikut menjadi pengawas.

"Dari dalam, kami akan mempertanyakan semua indikasi sumbangan yang diterima peserta konvensi yang mungkin bisa terlihat dan terendus," ujar Effendi saat dihubungi.

BACA JUGA: Anggap Mobil Murah Hanya Janji Palsu Pemerintah

Anggota komite yang berasal dari kalangan independen itu juga berharap ada peran aktif dari pihak luar. Tujuannya sama, yaitu memastikan kompetisi antar peserta konvensi bisa berjalan tanpa menabrak aturan-aturan hukum. Terutama menyangkut sumbangan dana yang diterima peserta konvensi.

"Saya berharap ada aliansi dengan teman-teman LSM untuk turut mengawasi gerak-gerik peserta konvensi di lapangan, termasuk di media," imbuh pakar komunikasi politik UI tersebut.

BACA JUGA: Amien Minta Kader PAN Tiru Jokowi

Atas itu semua, Effendi mengimbau peserta konvensi agar benar-benar bertindak jujur dalam menerima dan melaporkan sumbangan yang diterima. "Jika tidak, nanti kita sama-sama laporkan ke KPK," tegasnya yang saat dihubungi masih berada di Georgia tersebut.

Di negara pecahan Soviet itu, dia sedang mengikuti acara peringatan 20 tahun hubungan diplomatik RI-Georgia. "Sepulang dari Eropa, saya berharap bisa membahas hal-hal ini secara khusus dalam rapat komite," tuturnya.

BACA JUGA: Sutarman Calon Tunggal Kapolri, IPW Curigai Istana

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad mengingatkan peserta konvensi capres Partai Demokrat yang tengah berlangsung agar berhati-hati dalam menerima sumbangan dari pihak luar. Terutama mereka yang kini masih menyandang status penyelenggara negara. "Peringatan itu sudah amat tepat waktunya serta sudah lama ditunggu-tunggu," ucap Effendi.(dyn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Telisik Tender Minyak dan Kondensat di SKK Migas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler