Kompetisi Matematika Daring Digelar Maret, Simak Kiat Juara I-EMC 2020

Sabtu, 06 Februari 2021 – 17:51 WIB
Presiden Eduversal Indonesia Dwi Prajitno Wibowo. Foto: dalam tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Sukses dengan kompetisi Matematika Daring bertajuk Eduversal Mathematics Competition (EMC) dan International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) 2020, tahun ini event serupa kembali digelar.

Menurut Presiden Eduversal Indonesia Dwi Prajitno Wibowo, kompetisi dunia ini sengaja tetap digelar untuk memotivasi para siswa dalam belajar di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga melandai.

BACA JUGA: Bagaimana Menumbuhkan Rasa Suka terhadap Matematika?

Dikatakannya, tantangan siswa di masa pandemi cukup berat karena semua dilakukan dengan daring. Namun, di sisi lain I-EMC 2021 menjadi daya tarik tersendiri karena akan diikuti berbagai pelajar dari seluruh dunia.

"Kompetisi I-EMC 2021 akan diselenggarakan tanggal 20 Maret 2021," kata Dwi Prajitno dalam konferensi pers daring I-EMC 2021, Sabtu (6/2).

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Kompetisi Matematika Online Tingkat Dunia

Dia menyebutkan, I-EMC 2021 terbagi menjadi tiga level yaitu Primary (usia 9 - 12 tahun), Junior (usia 13 - 15 tahun) dan Senior (usia 16 -18 tahun). Kompetisi ini terbuka untuk pelajar dari seluruh dunia untuk menguji kemampuan matematikanya di tingkat internasional.

Ade Kiki Ruswadi, anggota Komite I-EMC menambahkan, tahun lalu, kompetisi Internasional ini direspons baik oleh 36 negara dari seluruh dunia seperti Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Brasil dan yang lainnya.

BACA JUGA: Reaksi Habib Rizieq soal Tersangka Teroris Mengaku FPI dan Dibaiat di Hadapan Munarman

Sebanyak 4.260 siswa dari negara-negara tersebut telah membuat akun kompetisi di laman I-EMC.

Pada kesempatan sama, Farrel Dwireswara Salim, siswa SMA Kharisma Bangsa, menceritakan pengalamannya saat ikut kompetisi I-EMC 2020.

Dia mengaku tidak mengikuti bimbingan belajar khusus matematika. Namun, dia rutin mengikuti kompetisi yang digelar Eduversal.

"Saya eggak jago di semua bidang tetapi saya lebih banyak belajar dan latihan terus. Kemudian ditambah pengajar yang bagus sehingga berpengaruh juga," ungkap peraih juara 1 level senior I-EMC 2020.

Penyuka matematika sejak kelas V SD ini memberikan tips bagi para siswa yang akan ikut kompetisi, harus giat belajar dan latihan soal-soal. Ketika ada yang tidak dipahami, harus proaktif diskusi dengan guru atau kakak kelas yang sudah memenangkan lomba.

"Intinya harus fokus, banyak latihan soal, dan selalu berdiskusi dengan guru serta kakak kelas meski sekarang semua harus lewat daring," terangnya.

Ade Kiki menambahkan, sama seperti tahun lalu, Eduversal menyediakan hadiah menarik untuk para juara kompetisi I-EMC ini, di antaranya adalah juara 1 mendapatkan IPad Generasi 8, juara 2: Samsung Galaxy Tab A 2019 10.1, juara 3 all new Kindle Paperwhite 2020

Para juara I-EMC terdiri dari juara 1,2 dan 3 dari ketiga level. Selain itu ada juga peraih medali emas untuk 5% peserta terbaik, medali perak untuk 10% peserta terbaik selanjutnya, medali perunggu untuk 15% peserta terbaik selanjutnya, dan Honorable mention untuk 20% peserta terbaik selanjutnya. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler