Kompol Birgitta, Polwan Pertama jadi Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Suaminya Itu lo

Kamis, 27 Oktober 2022 – 14:05 WIB
Kompol Birgitta Atvina Wijayanti saat melakukan edukasi berlalu lintas kepada masyarakat di Kota Pekanbaru. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.

jpnn.com - PEKANBARU - Polresta Pekanbaru punya kepala satuan lalu lintas atau kasat lantas baru. Dia adalah Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.

Sosok Polwan inspiratif yang disayangi anggotanya dan dikenal oleh kalangan masyarakat di tempatnya bertugas.

BACA JUGA: Mantap! Polresta Pekanbaru Kembali Sita Tujuh Ton BBM Ilegal

Setelah menyelesaikan pendidikan di Pusdiklantas Polri, Kompol Birgitta langsung ditugaskan sebagai Kasatlantas Polresta Pekanbaru oleh Kapolda Riau Irjen M. Iqbal.

Kompol Gitta menggantikan Kompol Angga Wahyu Prihantoro yang diberi tugas baru sebagai Wakapolres Siak.

BACA JUGA: Tol Pekanbaru-Bangkinang Resmi Beroperasi, Sebegini Tarifnya

Hal itu sesuai dengan surat telegram Kapolda Riau nomor: ST/1286/X/KEP/2022.

“Ada sekitar 243 personel Polda Riau yang dimutasi. Salah satunya Kasatlantas Polresta Pekanbaru,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto kepada JPNN.com pada Kamis (27/10).

BACA JUGA: Detik-Detik BNN Gerebek Pabrik Ekstasi Berkedok Warung Pempek di Pekanbaru

Gitta, wanita kelahiran Jakarta, 17 Maret 1985 yang menjabat sebagai PS Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau itu kini menorehkan sejarah, menjadi polwan pertama yang menjabat Kasatlantas Polresta Pekanbaru.

“Iya, benar (Kompol Birgitta dimutasi sebagai Kasatlantas Polresta Pekanbaru). Polwan pertama Kasatlantas Polresta Pekanbaru,” kata Wadirlantas Polda Riau AKBP Donni Eka Syaputra.

Gitta merupakan polwan jebolan akademi polisi (Akpol) 2009. Dia memiliki karier yang terbilang cemerlang di satuan lalu lintas.

Pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polres Siak. Kemudian mendapat promosi sebagai Kasie SIM, hingga PS Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau.

Selain terkenal di jajaran lalu lintas Polda Riau, Kompol Birgitta juga Polantas yang terkenal di kalangan masyarakat. Sering membagikan hadiah kepada masyarakat.

Seperti yang diungkapkan salah satu mahasiswi bernama Debora di Pekanbaru.

Debora mengaku pernah mendapat hadiah helm dari Kompol Gitta. “Iya saya pernah dikasih helm gratis sama Bu Gitta. Orangnya mudah senyum juga," katanya.

Birgitta juga bukan wanita sembarangan. Dia istri dari seorang perwira menengah di Polda Riau. Suaminya adalah Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Riau Kompol Hotmartua Ambarita yang ditakuti para penjahat narkotika.

Ibu dari dua orang anak itu juga dikenal sebagai pribadi yang baik dan ramah, baik kepada sesama anggota Polri, masyarakat, dan juga kalangan wartawan.

“Komandan orang yang tidak membeda-bedakan kami anggotanya. Beliau orang yang ramah dan memiliki kepedulian yang tinggi. Dia juga dekat dengan dengan awak media. Saya selalu mengantar kalau komandan mau sarapan sama wartawan,” kata Bripda Andre, ajudan Kompol Birgitta. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler