Kompor Listrik Lebih Aman dan Mudah

Rabu, 03 April 2019 – 07:05 WIB
Dorong penggunaan kompor listrik. ILustrasi Foto: Aning Karindra/Jatengpos

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) sebagai BUMN penyedia program kelistrikan nasional, ke depan akan berupaya memperluas efektivitas penggunaan kompor listrik - induksi.

Tidak hanya mengalihkan penggunaan sumber-sumber energi yang selama ini disubsidi melalui anggaran pemerintah dalam bentuk Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), kepada subsidi sektor-sektor lainnya seperti pendidikan dan kesehatan. Melainkan secara terpadu, menjadikan Indonesia Biru melalui penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan.

BACA JUGA: Strategi PLN Tekan Biaya Pokok Produksi Listrik

Electrizen Cooking Competition di Kelurahan Bekasi Jaya, Mekarjaya, Bekasi Timur pada Selasa (2/4), merupakan salah satu program tersebut.

Menurut I Made Suprateka, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero), program ini tidak hanya menjelaskan efisiensi dan target peningkatan produktivitas, dari penghematan penggunaan energi. Namun, ke depannya program ini bertujuan lebih luas.

BACA JUGA: Genjot Elektrifikasi Demi Mengangkat Harkat Seluruh Penduduk Bangsa

BACA JUGA: Toyota Targetkan Ekspor 2019 Naik 5 Persen

“Pertama, program edukasi yang dilakukan melalui kerja sama dengan ibu-ibu penggerak PKK di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Bekasi - Jawa Barat, sampai ke Bogor, Jawa Barat dan berjalan secara simultan dari pekan kelima Maret 2019, sampai di akhir April 2019. Tujuannya meningkatkan produktivitas rumah tangga perorangan dan juga bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner,” papar Made.

BACA JUGA: Strategi PLN Jadikan Ekonomi Indonesia 10 Besar Dunia

Ia menjelaskan, pihaknya sendiri ingin menyebarkan kebiasaan, sekaligus mengedukasi masyarakat rumah tangga, khususnya rumah tangga yang kerap menggunaakan aktivitas masak-memasak di rumah.

Sambil menekankan kepada para pengguna kompor listrik induksi, bahwa menggunakan kompor listrik akan lebih aman. Sebab, terhindar dari bahaya kebakaran seperti pada penggunaan kompor gas.

Selain itu penggunaan kompor listrik lebih mudah, karena energi listriknya sudah disediakan oleh PLN.

Aman di sini dalam makna secara lebih luas, adalah dari segi energi buang. Menggunakan energi listrik dalam memasak, sekaligus juga berarti aman, dalam arti, praktis tidak ada gas buang (reduksi) yang akan mengakibatkan polusi.

Selain mudah, produktivitas bagi pengusaha UMKM diharapkan dapat lebih meningkat. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Strategi PLN Dorong Indonesia jadi Kekuatan 10 Besar Ekonomi Dunia


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler