Kondisi Pilkada di Tangsel-Depok, Pernyataan Kombes Yusri Bikin Tenang

Rabu, 09 Desember 2020 – 13:11 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Tangerang Selatan dan Depok hari mengelar pemilihan kepada daerah (Pilkada), Rabu (9/12).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan sejauh ini Pilkada di dua daerah tersebut masih berjalan dengan aman dan terkendali.

"Alhamdulillah sampai siang ini masih berjalan terus, ini masih kami tunggu sampai dengan terakhir jadwal sampai pukul 13.00 Wib," ungkap Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (9/12).

"Tetapi laporan terakhir, kondisi TPS baik di Deppok maupun di Tangsel masih berjalan sesuai rencana dan aman terkendali," katanya.

Lebih lanjut, Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu mengatakan jika ditemukan pelanggar protokol kesehatan saat pemungutan suara berlangsung ada mekanisme dan dan sanksi yang bakal dikenakan.

"Sudah diatur sebenarnya dalam undang-undang no 13 sudah ada ya, UU tentang PKPU. Apabila ditemukan pelanggar protokol kesehatan nanti mekanismenya ada mendasari daripada adanya peraturan daerah masing-masing PSBB, juga ada UU Nomor 6 nantinya," kata Yusri.

Namun demikian, mantan Kapolres Tanjungpinang itu mengatakan pihaknya sudah mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat Pilkada berlangsung ataupun saat pencoblosan berlangsung.

"Imbauan ini sudah kami lakukan secara preemtif, kami sudah mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan menyampaikan aspirasinya dalam pencoblosan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. Baik di TPS-TPS-nya pun sudah disampaikan ke sana," katanya.

"Petugas-petugasnya pun menyampaikan aturan kegiatan pemungutan suara ini dengan protokol kesehatan dengan pelatihan-pelatihan selama ini," pungkasnya. (mcr3/jpnn)


BACA JUGA: Pilkada Solo: Gibran Belum Bisa Dihubungi, Bagyo Berzikir


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler