Konon Ada Dinamika dalam Penentuan Cawagub Pendamping Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Minggu, 23 Juni 2024 – 16:10 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution. Foto/dok : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat memberi sinyal ada dinamika dalam penentuan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara 2024 untuk mendampingi Bobby Nasution.

Hal demikian terungkap dalam pesan singkat yang disampaikan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada awak media soal Pilkada Sumut 2024.

BACA JUGA: Bobby Nasution Minta Pembangunan Stadion Teladan Selesai Tepat Waktu

Awalnya, Kamhar menyebut parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) memang sepakat untuk mengusung Bobby yang juga menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Cagub Sumatera Utara (Sumut) 2024.

"Partai Demokrat berkomitmen untuk menselaraskan koalisi yang telah terbangun, utamanya pada pemilihan gubernur dengan mengikhtiarkan sebanyak mungkin yang linear di KIM," kata Kamhar kepada awak media, Minggu (23/6).

BACA JUGA: Analisis soal Duet Anies - Ahok atau dengan Kaesang, Ada Kata Dendam

KIM adalah poros politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat yang mengusung Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka pada pilpres 2024.

Menurut Kamhar, Demokrat diwakili Andi Mallarangeng dan Teuku Riefky Harsya sudah bertemu dengan Bobby pada Mei 2024.

BACA JUGA: Viral Pengunjung Lempar Sampah Plastik ke Mulut Kuda Nil, Pihak Taman Safari Bereaksi

"Pada Bulan Mei yang lalu telah terjadi pertemuan," ujar eks aktivis Himpunan Mahasiswa Islam itu.

Kamhar melanjutkan hasil pertemuan dengan menantu Jokowi belum menyimpulkan sosok pendamping Bobby pada Pilkada Sumut 2024.

Dia mengatakan parpol dalam KIM mengusulkan setiap kader internal masing-masing untuk bisa menjadi cawagub pendamping Bobby.

"Memang yang menjadi dinamis kemudian pada bursa cawagub calon pendamping Bobby. Setiap partai mengikhtiarkan kadernya pada posisi tersebut, termasuk Demokrat," ungkap Kamhar.

Dia kemudian mengungkapkan beberapa nama yang diusulkan Demokrat menjadi cawagub pendamping Bobby, seperti Lokot Nasution dan Ongku P. Hasibuan.

"Ada Ongku P. Hasibuan yang telah berpengalaman pernah menjadi Bupati Tapanuli Selatan dan anggota DPR RI serta Teguh Santosa jurnalis senior yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)," ujar Kamhar.

Sebelumnya, Golkar resmi mengusung Bobby sebagai Cagub Sumut pada pilkada 2024 setelah terbit surat rekomendasi dari ketum parpol berlambang Pohon Beringin itu Airlangga Hartarto.

"Sore ini saya menerima kunjungan dari Pak Bobby, Wali Kota Medan, yang pada kesempatan ini sudah dibahas bahwa Pak Bobby akan maju menjadi Gubernur Sumatera Utara," kata Airlangga di Jakarta, Rabu (19/6) kemarin. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler