Konon STB Buat Warga Miskin Masih Kurang, Jumlahnya Cukup Banyak

Selasa, 22 Maret 2022 – 21:42 WIB
Menkominfo Johnny G Plate menyebut pihaknya masih kekurangan set top box (STB) bagi keluarga miskin demi mewujudkan program pemerintah tentang alih siaran dari analog ke digital. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkominfo Johnny G Plate menyebut pihaknya masih kekurangan set top box (STB) bagi keluarga miskin demi mewujudkan program pemerintah tentang alih siaran dari analog ke digital.

Diketahui, pembagian STB bagi keluarga miskin dilakukan dalam tiga tahap.

BACA JUGA: Kemenkominfo Fokus Selesaikan Peta Jalan Indonesia Digital

Kemenkominfo memastikan stok STB untuk pembagian tahap pertama aman.

Tetapi, kata dia, stok STB untuk pembagian tahap kedua kurang 152.565 unit.

BACA JUGA: AKBP Beni Mutahir Ditembak Mati, Siapa Pelakunya? Kombes Nur Santiko Sebut

Stok STB tahap ketiga masih kurang 1.369.611 unit.

"Kami terus carikan jalan keluarnya untuk pemenuhan kebutuhannya," kata Johnny dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/3).

Sekjen NasDem itu menyebut pihaknya masih bingung mencari jalan keluar dari kurangnya stok STB. Sebab, anggaran pemerintah belum tersedia tentang pengadaan STB bagi rakyat miskin.

Meski begitu, dirinya memastikan bahwa pengadaan STB yang kurang untuk pembagian tahap kedua dan ketiga akan mengedepankan produsen dalam negeri.

"Kami sudah menyampaikan agar STB untuk semaksimal mungkin memanfaatkan produksi di dalam negeri," beber Johnny.

Terkait pendistribusian STB tahap pertama, kata dia, dilakukan dari pintu ke pintu. Nantinya, penerima STB akan diverifikasi dan divaliadasi agar penerima manfaat efektif.

"Data penerima bantuan akan dilakukan bersamaan pada saat distribusi dan instalasi yang direncanakan dimulai 15 Meret sampai dengan 30 April 2022," beber Johnny. (ast/jpnn)


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler