Konser Kemanusiaan Untuk Gaza Dimulai, Rp 305 Juta Donasi Terkumpul

Rabu, 22 November 2023 – 19:19 WIB
M Bloc Space bersama 16 musisi Indonesia akan menggelar Konser Kemanusiaan untuk Gaza. Foto: Instagram/mblocspace

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 16 artis dan band ternama Indonesia sepakat tampil profesional tanpa dibayar dalam Konser Kemanusiaan Untuk Gaza.

Konser tersebut diadakan guna menggalang dana bagi para korban sipil agresi militer Israel di Palestina.

BACA JUGA: 16 Musisi Gelar Konser Kemanusiaan untuk Gaza

Para musisi yang tampil yakni Efek Rumah Kaca, The Adams, Seringai, The Brandals, David Bayu, Danilla, Lomba Sihir, Endah N Rhesa, The Panturas, Kelompok Penerbang Roket, SORE, .Feast, Kunto Aji, Bin Idris, Mustache and Beard, dan White Shoes and The Couples Company.

Konser Kemanusiaan Untuk Gaza terdiri dari 7 sesi yang diadakan dari November hingga Desember 2023.

BACA JUGA: 4 Band Pilihan SEAJournal Siap Beraksi di Joyland Festival 2023

Tujuh konser yang difasilitasi oleh M Bloc Foundation tersebut diadakan di venue M Bloc Live House, Jakarta Selatan pada malam hari kerja mulai Selasa, 21 November hingga 13 Desember mendatang.

Donasi kehadiran untuk menyaksikan ketujuh konser tersebut bisa didapatkan via Loketcom dengan harga Rp 100.000 per show.

BACA JUGA: Mew dan Fleet Foxes Tambah Kemeriahan Joyland Festival 2023

Dilaporkan hingga hari ini, 87 persen dari seluruh donasi kehadiran di tujuh konser tersebut telah terisi.

Setiap malam pada tanggal yang telah ditentukan, akan ada penampilan dua hingga tiga artis yang memainkan live set orisinal dengan durasi mulai dari 30 menit hingga satu jam pertunjukan.

Selain menggalang dana bantuan dari konser musik, panitia juga menjual tiga desain kaus donasi Konser Kemanusiaan Untuk Gaza dengan harga Rp 150.000 di gerai merchandise yang ada di area venue.

Adapun 100 persen hasil donasi dari konser musik dan penjualan kaus di acara seluruhnya ditampung via rekening bank M Bloc Foundation (Yayasan Radar Budaya Kreatif).

Donasi selanjutnya disumbangkan sepenuhnya ke rekening bank Kedutaan Besar Palestina serta dilakukan penyerahan simbolik dalam acara diskusi dan pemutaran film perjuangan kemerdekaan Palestina di Creative Hall, M Bloc Space pada Jumat, 15 Desember 2023 mulai pukul 18:30 WIB.

Selain dari band-band yang tampil pro bono, dukungan dari para relawan untuk acara ini terbilang luar biasa.

Beberapa di antaranya meliputi dari para kru band, kru acara, kru venue, lighting designer, VJ, vendor konser, ambulance yang bekerja tanpa dibayar, hingga tenant-tenant di dalam M Bloc Space
maupun donasi dari luar yang menyumbangkan makanan serta minuman semua yang bekerja mempersiapkan acara ini.

Loketcom selaku ticket management partner acara juga mendukung dengan potongan 0 persen dari seluruh donasi kehadiran yang masuk melalui platform.

"Mulai malam ini (21/11) hingga 13 Desember, M Bloc Space memfasilitasi kegeraman dan kemarahan kita jadi hal yang mungkin bisa berdampak langsung bagi para korban genosida di Palestina. Tak ada kontribusi yang sia-sia, tak ada yang percuma,” tulis Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca.

"Geregetan, geram tiap liat berita. Tidak bisa berbuat banyak, selain menyuarakan desakan penghentian agresi militer dan genosida, hanya ini yang saya dan teman-teman mampu. Silakan datang dan donasi. Saya ada di tanggal 6 Desember,” tulis Kunto Aji tentang rencana penampilan di Konser Kemanusiaan Untuk Gaza.

Hingga hari ini, donasi terkumpul yakni senilai Rp 305.825.000 dari target Rp 315.000.000 yang berasal dari penonton.

Jumlah itu belum termasuk nantinya tambahan dari penjualan kaus, minuman, souvenir serta donasi lainnya via QR Code yang akan diterima oleh M Bloc Foundation.

"Kami akan laporkan secara berkala jumlah donasinya nanti via Instagram @mblocspace. Terima kasih banyak atas dukungan yang besar dari teman-teman band, kru, fans, vendor, tenant serta para relawan dan donatur acara ini. Semoga tragedi kemanusiaan di Gaza dan Palestina segera berakhir sekarang juga. Hentikan genosida," tutup Wendi Putranto, Ketua Yayasan Radar Budaya Kreatif (M Bloc Foundation).

Berikut jadwal lengkap Konser Kemanusiaan Untuk Gaza:

Selasa (21/11): Efek Rumah Kaca, David Bayu, Bin Idris.

Kamis (23/11): Kelompok Penerbang Roket feat. Eka Annash, SORE.

Selasa (28/11): White Shoes and The Couples Company, Endah N Rhesa

Jumat (1/12) : Seringai, The Panturas

Rabu (6/12) : Danilla, Kunto Aji, Mustache and Beard

Senin (11/12) : The Brandals, .Feast

Rabu (13/12) : Lomba Sihir, The Adams

Jumat (15/12) : Diskusi 'Gaza Kini' & Pemutaran 'Off Frame'. (ded/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler