Konsisten Kelola Sampah Kemasan, Danone-AQUA Raih Penghargaan

Rabu, 10 Juni 2020 – 12:24 WIB
Danone-AQUA dinilai konsisten mengelola sampah kemasan. Ilustrasi Foto: Danone-AQUA

jpnn.com, JAKARTA - Danone-AQUA kembali meraih penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah oleh produsen dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar kepada Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Corine Tap secara virtual.

BACA JUGA: Menteri Siti: Penghargaan untuk Bisnis yang Berhasil Mengurangi Sampah

Penghargaan ini merupakan kali ketiga diberikan kepada Danone-AQUA.

Sebelumnya tahun 2016 dan 2017 Danone-AQUA juga menerima penghargaan yang sama dari KLHK atas komitmen, konsistensi dan peningkatan capaian kinerja dari tahun ke tahun dalam mengelola sampah kemasan.

BACA JUGA: Menteri Siti Mengapresiasi Produsen yang Aktif Menekan Sampah Plastik

Terkait penghargaan ini, Menteri Siti mengatakan meski tantangan dalam pengelolaan sampah semakin berat ke depan, tetapi dia tetap optimistis bisa menghadapi dan mengatasinya.

"Optimisme itu tetap terus tumbuh, karena sudah banyak yang kita lakukan dengan hasil yang cukup positif. Dan saya tahu persis dukungan masayarakat makin menguat dari dari tahun ke tahun. Oleh karena itu dalam penanganan sampah untuk Indonesia, di antara negara negara di dunia, peran masyarakat cukup menonjol," tuturnya.

BACA JUGA: Dorce Gamalama Menangis, Respons Raffi Ahmad Sangat Mengharukan

Di sisi lain langkah dan upaya penataan kebijakan dan regulasi terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dinamika persoalan sampah dan lingkungan.

Menteri Siti Nurbaya mengapresiasi langkah proaktif dan konkrit yang telah dilakukan para penerima penghargaan untuk mengurangi sampah dari kegiatan usahanya sekaligus langkah nyata peta jalan pengurangan sampah oleh produsen sebagaimana diatur dalam Permen 75/2019.

Ini merupakan benchmark penting bagi produsen bahwa peraturan lingkungan hidup tidak harus menjadi hambatan bagi sektor bisnis.

Kegiatan bisnis yang selalu menjaga keselasaran dan keberlanjutan lingkungan adalah bisnis masa depan.

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Corine Tap juga mengapresiasi pemerintah Indonesia yang telah mendorong dan mendukung pihak swasta untuk terus berinovasi dalam mengelola sampah kemasannya.

"Kami sangat bangga bahwa ini adalah ketiga kalinya bagi perusahaan kami menerima penghargaan, dalam mengelola dan mengurangi sampah kemasan kami. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, oleh karena itu, kami ingin mempersembahkan penghargaan tahun ini kepada mitra kami di bidang pendidikan, pengumpulan dan daur ulang, dan yang tidak kalah penting bagi para pemulung yang selalu berada di garis depan upaya ini," bebernya.

Dia berharap melalui penghargaan ini, Danone-AQUA akan terus berinovasi, menemukan cara untuk mengelola dan mengurangi sampah kemasan, memulihkan lebih banyak kemasan daripada yang digunakan pada 2025.

Juga mengembangkan pengolahan sampah yang inklusif bersama dengan pemulung, bank sampah dan TPS3R.

Sejak 2018, Danone-AQUA meluncurkan gerakan #BijakBerplastik yang fokus kepada tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, yaitu pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi terkait pengelolaan sampah, dan inovasi kemasan produk.

Danone-AQUA juga mendorong berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025.

“Kami menargetkan di tahun 2025 bisa mengumpulkan lebih banyak plastik daripada yang kami gunakan, memastikan seluruh kemasan kami dapat didaur ulang, serta meningkatkan proporsi konten daur ulang dalam botol kami menjadi 50%.” tambah Corine.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia sekaligus bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk menstimulasi inisiatif pengurangan sampah oleh produsen.

KLHK memberikan penghargaan kepada empat perusahaan yang dianggap telah bertanggung jawab dan secara inovatif melakukan berbagai inisiatif pengelolaan sampah.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada PT Tirta Investama (Danone-AQUA) dalam kategori kinerja pengurangan sampah, serta kepada PT Rekso Nasional Food (Mc Donald), PT Fast Food Indonesia (KFC), dan PT Sari Rasa Nusantara (Sate Khas Senayan) dalam kategori inisiatif pengurangan sampah. (esy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler