Konsolidasi Relawan Caleg PDIP Serasa Konser Rock

Senin, 17 Desember 2018 – 06:26 WIB
Caleg DPR untuk daerah pemilihan DKI Jakarta III dari PDI Perjuangan, Pulung Agustanto saat menyanyi pada konsolidasi relawan pendukungnya di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (16/12). Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Calon anggota legislatif (caleg) DPR untuk daerah pemilihan DKI Jakarta III dari PDI Perjuangan, Pulung Agustanto punya cara unik untuk memikat dan menyemangati relawan pendukungnya. Bukan sekadar membeber visi dan misi, politikus muda PDIP itu juga memanfaatkan kemampuannya bernyanyi.

Pulung menjadikan rapat konsolidasi relawannya seolah seperti konser musik. Itu pula yang dilakukan pria asal Yogyakarta itu ketika mengumpulkan Relawan Pulung Menang (RPM) Kecamatan Tanjung Priok di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Minggu (16/12).

BACA JUGA: Ingat, Kader PDIP Jangan Sampai Terlena Hasil Survei

Ada 996 anggota RPM dari tujuh kelurahan di Tanjung Priok yang hadir dalam konsolidasi itu. Semua terlihat happy karena rapat konsolidasi pemenangan itu tak melulu soal politik.

Awalnya Pulung membeber visi dan misinya sebagai caleg DKI Jakarta III yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Berpeci dengan pin Bung Karno dan batik merah, Pulung menceritakan ikhtiarnya sebagai caleg pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

BACA JUGA: Jangan Berprasangka ke Mendagri soal Data Kependudukan

Pulung menjanjikan jika kelak menjadi anggota DPR akan fokus menggerakkan koperasi serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di konstituennya. Fokusnya adalah penjualan kupon listrik dan voucher ponsel.

“Jadi otomatis nanti kalian jadi anggota koperasi. Nanri koperasinya menjadi unit bisnis bersama. Modalnya dari mana, dari gaji saya,” kata Pulung yang langsung ditimpali aplaus para relawannya.

BACA JUGA: Semua Fraksi Setuju Kotak Suara dari Karton

Karena itu dia meminta relawannya terus aktif menjalin komunikasi. “Ini bukan silaturahmi sekali dalam lima tahun, tapi seterusnya. Paling tidak kita lima tahun ke depan berjuang bersama,” katanya.

Setelah jeda sejenak, Pulung langsung ke ruangan di balik panggung. Tak lama kemudian dia sudah muncul bergaya rocker dengan kaus Harley Davidson yang ditutup jaket kulit.

Ikat kepala menutupi sebagian kening pulung. Kacamata hitam melengkapi penampilannya.

Sepatunya pun berganti. Menjadi sepatu khas rocker dengan hak tinggi penuh pernik-pernik metal.

Pulung juga memboyong sebuah grup musik bernama Yankee Rose. Grup yang biasa memainkan musik rock itu sudah malang melintang di kafe-kafe ternama di Jakarta.

Pulung lantas melantunkan sejumlah lagu. When I See You Smile dari Bad English mengawali konser ala Pulung di depan para relawannya.


Pulung Agustanto (membelakangi kamera) bernyanyi dalam kondolidasi relawan pendukungnya di Gelangggang Remaja Jakarta Utara, Tanjung Priok, Jakata Utara, Minggu (16/12). Foto: JPNN

“Inilah mengapa saya beda dari caleg lainnya,” ujar penyandang gelar haji itu setelah menyanyikan lagu pembuka.

Lagu kedua adalah Bed of Roses milik Bon Jovi yang diikuti Bohemian Rhapsody karya Queen. Suasana makin panas ketika Pulung menyanyikan Sweet Child O’Mine.

Sebagian besar anggota RPM tampak sudah akrab dengan lirik lagu karya Guns N Roses itu. Kor tercipta saat ratusan relawan ikut menyanyikan bagian refrein rock kondang dari era pertengahan 1980-an itu.

Sebagai penutup, Pulung menyanyikan lagu Sayang yang dipopulerkan grup hip hop dangdut asal Yogyakarta NDX AKA. “Kalau dangdut lainnya besok pas kondangan,” katanya.

Selama Pulung menyanyi, para relawannya terus mengarahkan kamera ponsel ke arah mantan penyiar radio ternama di Yogyakarta itu. Sesekali Pulung turun dari panggung untuk berfoto bersama relawannya.

Ketua RPM Kiani Ginting mengatakan, politik harus menjadi hal menyenangkan. “Mari bikin kampanye menjadi kegiatan menyenangkan. Setuju?” ujar Kiani yang langsung ditimpali suara kor setuju.

Seorang anggota RPM dari Kelurahan Warakas, Rina Budiati mengaku takjub dengan penampilan pulung. “Pak haji yang gaul dan asyik,” ujarnya.

Rina juga terpikat soal keinginan Pulung menyerahkan gajinya jika kelak menjadi anggota DPR untuk modal koperasi dan UMKM. “Baru kali ini saya dengar caleg mau menyumbangkan gaji dan dana reses untuk masyakarat. Ini hal baru yang fenomenal,” tuturnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Yakin Bisa Unggul di Daerah Nonbasis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler