Konsumsi Makanan ini Baik untuk Kesehatan Sirkulasi Darah

Sabtu, 04 November 2017 – 08:18 WIB
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Sirkulasi darah yang lancar bisa membuat nutrisi, mineral dan oksigen dapat disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Namun, jika sebaliknya, Anda akan mengalami kram pada otot kaki, kesemutan, warna kemerahan pada kulit dan melambatnya proses penyembuhan luka.

Berikut ini beberapa makanan yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, seperti dilansir dari klikdokter.com:

BACA JUGA: Timun Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

1. Seledri.

Seledri mengandung vitamin K, nutrisi penting untuk sirkulasi dan pembekuan darah jika terjadi cedera. Seledri mengandung folat, kalium, serat, molibdenum dan sejumlah kecil vitamin C, vitamin A dan beberapa vitamin B.

BACA JUGA: 3 Buah Ini Ampuh Bikin Tubuh Ramping loh

Vitamin A berperan dalam memastikan jantung secara efektif memompa darah ke seluruh tubuh, sementara vitamin K efektif dalam mengendalikan kekentalan darah yang penting untuk aliran darah yang sehat.

Darah yang sangat encer bisa menyebabkan pendarahan yang berlebihan dan hal ini bisa mengganggu aliran darah normal ke jaringan tubuh.

BACA JUGA: Mentimun Diam-Diam Menghanyutkan

2. Gandum.

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah, sehingga membantu menjaga sirkulasi darah. Oatmeal mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kelancaran aliran darah di tubuh Anda.

The U.S. Department of Health and Human Services merekomendasikan, konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak lebih dari 200 miligram per hari. Makanan seperti gandum yang tinggi serat larut bisa membantu mencapai tujuan ini dengan membatasi jumlah kolesterol yang diserap tubuh.

3. Jeruk.

Jeruk, lemon dan anggur mengandung senyawa flavonoid yang mengandung zat antikanker. Selain itu, jeruk juga mengandung antioksidan yang menetralisir radikal bebas, sehingga menjaga jantung Anda tetap sehat.

4. Almon.

Almon mengandung protein nabati, serat, vitamin E, magnesium dan lemak tak jenuh, di mana semua kandungan ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Bahkan, sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kacang almon memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi saat dimakan utuh dengan kulitnya. Almon berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga meningkatkan sirkulasi darah Anda.

5. Mentimun.

Vitamin K dalam mentimun penting dalam mengurangi risiko pada proses pembekuan darah. Mentimun memiliki kadar air, potasium dan serat yang tinggi, yang berguna untuk memperlancar aliran darah.

Selain itu, mentimun juga mengandung flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi, kaya akan vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Konsumsi mentimun secara teratur juga bisa mengatur pH darah dan menetralisir keasaman tubuh.

6. Alpukat.

Menurut studi 2015, yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association, memasukkan alpukat ke dalam menu harian Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, terutama mereka yang kelebihan berat badan. Selain itu, alpukat kaya akan lemak omega-3 yang membantu menjaga sirkulasi darah.

Itulah beberapa makanan yang wajib Anda konsumsi agar sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, segera hindari beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol dan duduk selama berjam-jam.(DA/RVS)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Malas ke Salon? Coba deh Resep Masker Wajah dari Alpukat


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler