Kontestan Berdatangan, Tim Favorit jadi Perhatian

Minggu, 06 Juni 2010 – 11:50 WIB
AWAL - Para pemain timnas Australia, kontestan perdana yang tiba di Afsel, 26 Mei lalu. Foto: AFP/FIFA.com.

MUSIK upacara pembukaan sekaligus peluit panjang kickoff partai pertama Piala Dunia (PD) FIFA 2010 di Afrika Selatan (Afsel), tepat tujuh hari lagi bakal segera bergema menghiasi udaraPersiapan panitia lokal bersama lembaga otoritas sepakbola, FIFA, bisa dikatakan sudah rampung semua

BACA JUGA: Misi Pulihkan Harga Diri

Presiden FIFA Joseph S Blatter - atau akrab disapa Sepp Blatter - bahkan sudah membuka secara resmi Stadion Soccer City, di Johannesburg, Rabu (2/6) lalu
Inilah bakal venue pertandingan pembuka sekaligus ajang final PD 2010, pekan depan dan sebulan setelahnya.

"Ini adalah sebuah stadion berbintang lima

BACA JUGA: Dihantui Badai Cedera

Merupakan sebuah hari penting bagi FIFA, dapat berada di stadion yang luar biasa ini
Bersama dengan Presiden CAF (organisasi naungan sepakbola zona Afrika, Red), kami merasa sangat bangga atas pekerjaan yang telah diselesaikan terhadap venue ini," ucap Blatter bersemangat.

"Ya, (event) ini memang memang merupakan Piala Dunia-nya FIFA

BACA JUGA: Matangkan Skema Menyerang

Tapi mereka-mereka yang telah mengerjakan tugasnya serta segala pekerjaan berat ini, adalah orang-orang Afrika SelatanOleh karena itu, kami dari FIFA ingin menyampaikan terima kasih kepada mereka semua," lanjut Blatter di kesempatan itu, sembari memberi pujian kepada panitia lokal yang dipandang telah sukses dengan kerja kerasnya sejauh ini.

Tujuh hari lagi memang, gelaran pesta yang sebenarnya itu akan segera dimulaiUntuk itu pula, sejumlah besar di antara 31 kontestan PD 2010 (di luar tuan rumah), dalam beberapa hari ini sudah berdatangan ke AfselKedatangan sejumlah tim sejak jauh-jauh hari itu, terutama tentu saja untuk bisa beradaptasi lebih baik dengan kondisi dan suasana di Afsel, termasuk cuaca dan iklimnya.

Di antara tim-tim yang datang paling awal, sebut saja mulai dari Australia - pada senja 26 Mei lalu - yang segera disusul kemudian oleh tim favorit BrazilBerikutnya, juga sudah ada Denmark, Argentina, Amerika Serikat (AS), Korea Utara, serta Inggris dan Paraguay yang tiba kemarinHari ini dan besok, dipastikan tentunya akan banyak lagi tim yang berdatangan, demikian terus hingga tepat menjelang hari-H.

Dari sisi sebaliknya, di luar fokus perhatian tim-tim pada segala bentuk persiapan mereka, perhatian khalayak pun sudah segera mengarah pada para kontestan tersebutTerutama sekali terhadap tim-tim favorit, yang melalui berbagai prediksi pengamat, bursa taruhan, hingga survei/polling atau bahkan percakapan di jalanan, sudah kian menjadi 'menu ngobrol harian' belakanganNama-nama seperti Brazil, Jerman, Argentina, Spanyol, Prancis, Italia, Inggris, Belanda, Portugal dan sebagainya, termasuk dalam daftar obrolan utama itu.

:TERKAIT Bagaimana di Afsel sendiri? Siapa favorit kebanyakan warga tuan rumah? Timnas mereka sendiri yang berjuluk Bafana Bafana, jelas menjadi pegangan utama pecinta sepakbola di ujung selatan benua Afrika ituNamun, warga Afsel juga sadar bahwa kecil kemungkinan tim mereka akan sukses menggapai puncakOleh karena itu, seandainya pada tahapan tertentu Bafana Bafana harus sudah out, mereka ternyata juga sudah punya tim favorit (pengganti) sendiri.

Negara manakah yang paling difavoritkan warga Afsel itu? Tak lain adalah Brazil, peraih trofi piala dunia lima kaliIni setidaknya berdasarkan polling perusahaan marketing dan bisnis olahraga Afsel, BMI Sport InfoDari polling itu, Brazil meraih suara terbanyak sebagai tim asing yang akan didukung publik Afsel, yakni 26 persen suaraTim Samba - julukan Brazil - mengalahkan Inggris yang hanya mengoleksi 11 persen suara"Dalam polling yang kami lakukan terhadap 2.400 orang dewasa di kota-kota besar Afsel selama Februari dan Maret, Brazil merupakan tim idola lainnya publik Afsel," demikian rilis BMI Sport Info.

Hasil polling BMI Sport Info ini nyatanya tak berbeda jauh dengan polling Associated Press (AP), yang diumumkan pada saat bersamaanPada versi AP, Brazil meraih 11 persen suara, atau unggul jauh dibandingkan Inggris dengan tiga persen suaraSedangkan Bafana Bafana sendiri dalam polling ini meraup dukungan 71 persen dari publik Afsel.

"Saya senang dengan permainan indah BrazilSaya tidak melihat ada tim lain yang memiliki permainan seindah Brazil," kata Edward Elanda (44), seorang perawat di Johannesburg, sebagaimana dikutip AP"Banyak pemain hebat di BrazilSaya juga menyukai mereka karena mengenakan warna kostum yang sama dengan timnas kami (warna kuning dan hijau, Red)," kata Luthando Khosa, pelajar berusia 20 tahun.

Dukungan warga Afsel kepada Brazil sendiri tidak mengherankan, karena sudah terjadi sejak tahun laluItu sebagaimana yang ditunjukkan di Piala Konfederasi 2009Dalam partai final ajang itu, penonton tuan rumah memang lebih mendukung Brazil dibandingkan AS.

"Di Piala Dunia nanti, kami ingin mendapat dukungan yang sama seperti di Piala KonfederasiTidak diragukan lagi, dukungan akan sangat membantu para pemainKami pun bahagia mendapat apresiasi dari warga Afsel," urai pelatih Brazil Carlos Dunga, dalam kesempatan berbedaBrazil sendiri dalam aksi pemanasan terbaru mereka, menampilkan permainan impresif dengan menggulung Zimbabwe 3-0.

Perhatian pada tim-tim favorit, sejatinya memang tidak saja datang lewat polling atau jajak pendapat, melainkan juga di berbagai forum, baik berupa dukungan maupun juga kritikan terhadap perkembangan tim tersebutDua tim yang juga menjadi favorit kuat, Italia dan Spanyol, merupakan tim-tim yag termasuk senantiasa menjadi fokus sorotanMenariknya, dalam partai uji coba terbarunya dinihari tadi malam, juara bertahan Italia malah harus kalah 1-2 dari MeksikoSementara Spanyol yang adalah juara Piala Eropa 2008 itu, beberapa jam sebelumnya justru menang tipis 1-0 atas Korea Selatan (Korsel), kendati permainan mereka banyak dianggap masih belum sesuai harapan.

Nah, untuk para penggola bola yang memang sudah mulai terkena 'demam'-nya, selamat menunggu, selamat menetapkan unggulan (favorit juara) masing-masing, serta selamat mengikuti setiap perkembangan merekaSepekan lagi saja, peluit pembukaan sudah akan dibunyikan(dns/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Gol, Tiga Laga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler