Kontingen Olimpiade Indonesia Gagal Naik Garuda

Sabtu, 14 Juli 2012 – 11:08 WIB
JAKARTA - Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia (GA) batal menerbangkan Kontingen Atlit Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade ke London, Inggris.

Batalnya GA memboyong atlet Indonesia ke London, terungkap dalam rapat antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kontingan Olimpiade Indonesia (KOI), ketika membahas persiapan keberangkatan kontingen.

"Kontingen Indonesia ke Olimpiade di London terdiri dari 21 atlit dari 7 cabang olah raga, yakni bulutangkis, atletik, angkat besi, panahan, menembak, anggar dan renang. Mereka akhirnya bertolak ke London, Inggris dengan Qatar Airline," kata Deputi Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Kemenpora, Joko Pekik, saat dihubungi JPNN, Sabtu (14/7).

Awalnya lanjut dia, Kemenpora sangat berharap, kontingen Indonesia bisa berangkat ke London menggunakan Garuda yang diurus oleh Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Alasan tidak berangkat dengan Garuda Indonesia hingga kini belum diketahui karena hal tersebut memang tidak dibahas di dalam rapat. Jadi waktu rapat dengan KOI, tidak dibahas alasan kontingan RI tidak naik Garuda,” ungkap Joko.

Sementara itu, Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia Rita Subowo menyatakan bahwa atlit Indonesia terpaksa memilih Qatar Air untuk menuju London, karena tidak tercapai titik temu dengan pihak Garuda.

Olimpiade London baru dihelat pada tanggal 27 Juli 2012 mendatang. Sejumlah atlit dari berbagai negara akan meramaikan pesta olahraga dunia di negeri Ratu Elisabeth tersebut hingga  tanggal 12 Agustus 2012.

Nama-nama seperti Taufik Hidayat, Simon Santoso, Adrianti Firdasari, Mohammad Ahsan dan Bona Septano, Greysia Polii dan Meiliana Jauhari, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Jadi Setiadi, Eko Yuli Irawan, M. Hasbi, Triyatno, Deni, Fernando Lumain, Triyaningsih, dan masih banyak lagi menjadi anggota Kontingen Olympiade Indonesia yang akan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa.

Olympiade sejatinya adalah pesta olahraga dunia yang bisa dimanfaatkan Garuda Indonesia untuk turut mendunia, disamping akan terselip perasaan bangga bagi sejumlah atlit yang terbang bersamanya ke London.

Oleh karenanya, imbuh Joko lagi, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng tetap berharap Atlit Indonesia bisa terbang menggunakan Garuda ke London ketimbang menggunakan maskapai lain.

“Saya berharap kontingen kita bisa menggunakan Garuda Indonesia. Kalau berangkat dengan maskapai flag carrier, rasanya lebih mantap” ungkap Joko, mengutip Andi Mallarangeng.

Namun Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan kontingen untuk memutuskan apa yang terbaik bagi kepentingan kontingen olimpiade Indonesia.

Baginya,  yang terpenting tim Indonesia bisa tiba dengan selamat dan tepat pada waktunya, sehingga memiliki waktu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum bertanding. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sarat Gengsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler