Kopassus Turun Salurkan Bantuan, Warga tak Mampu Kagum dan Bersyukur

Kamis, 16 April 2020 – 21:14 WIB
Kegiatan Kopassus Peduli dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan di desa binaan. Foto: Kopassus Kandang Menjangan for JPNN

jpnn.com, SUKOHARJO - Warga tak mampu di Desa Wironanggan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan di tengah pandemi Corona atau COVID-19.

Puluhan prajurit Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan membagikan ratusan paket kebutuhan pokok pada Rabu (15/4) dalam tajuk Kopassus Peduli.

BACA JUGA: Ruhut Mengingatkan Publik Ada 2 Menteri Jenderal Kopassus Ahli Perang

Langkah tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepedulian korps baret merah. Langkah baik tersebut juga menjadi ungkapan rasa syukur pasukan baret merah saat merayakan Ulang Tahun (HUT) ke-68 Kopassus.

Anggota Kopassus memiliko cara tersendiri untuk memastikan bantuan tersalurkan dengan tepat dan menjadikan mereka lebih dekat dengan rakyat.

BACA JUGA: Pasutri Tewas Mengenaskan di Kayu Tanam, Suami Ditemukan dalam Kondisi Tergantung

Pemberian bantuan sembako dilakukan dengan door to door ke setiap rumah warga yang tak mampu. Selain tepat sasaran, hal ini dipilih untuk mencegah kerumunan massa yang bisa meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.

Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel (Inf) Aulia Dwi Nasrullah menyebut ratusan paket sembako disalurkan kepada warga tak mampu di sejumlah desa binaan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan.

BACA JUGA: 2 Warga Sipoholon Positif COVID-19, Bupati Taput: Semua yang Kontak dengan Pasien Harus Diisolasi

"Kegiatan ini bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-68 Kopassus. Kami ingin berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan warga saat merebaknya virus Covid-19," tegasnya.

Ada beberapa desa binaan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan yang menjadi sasaran program peduli. Antara lain Desa Singopuran, Desa Kertonatan, Desa Pucangan serta Desa Ngemplak di Kecamatan Kartasura.

Kemudian, wilayah Kecamatan Gatak, desa binaan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan yakni Desa Blimbing, Desa Trangsan dan Desa Wironanggan.

Tak hanya di wilayah Sukoharjo, di Boyolali pun terdapat beberapa desa binaan mereka.

"Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan unsur forum pimpinan kecamatan serta kepala desa untuk mendata warga tak mampu yang menjadi sasaran pembagian sembako," terangnya.

Kegiatan Kopassus Peduli ini kemudian dilanjutkan di sekitar Bundaran Kartasura pada Kamis (16/4). Kali ini, Prajurit baret merah membagikan 500 nasi bungkus dan 4.500 kilogram beras. Sasaran utamanya antara lain diriver ojol, tukang becak, juru parkir, juga buruh serabutan.

Saat pembagian nasi bungkus dan beras, prajurit Kopassus juga menerapkan protokoler kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

Melihat kepedulian prajurit Kopassus ini, warga dibuat kagum dan senang karena bantuan ini ibarat oase di tengah padang pasir. Kegiatan ini menunjukkan bahwa prajurit Kopassus juga memiliki hati yang mulia.

BACA JUGA: Kasus Positif COVID-19 di Sumsel Naik Signifikan, Didominasi dari Prabumulih dan Palembang

"Saya berterima kasih sekali dengan bantuan dari kopassus. Ini sangat bermanfaat di tengah kondisi seperti ini. Ini bukti TNI bergerak bersama rakyat, TNI bergerak untuk rakyat yg membutuhkan," ujar warga Karang Duren, Mursiti. (dkk/jpnn)

Daftar Giat Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan di Desa Binaan


1. Rabu, tgl 15 april 2020 pukul 10.00 s.d. selesai

Kegiatan : Pembagian Sembako sebanyak 310 paket di desa binaan Grup 2 Kopassus :

a. Denma Magrup pembagian sembako :
- di sekitar Umbul Kendat, Kec Banyidono, Kab Boyolali

b. Yon 21 pembagian sembako :
- Ds Karang Duren, Kec Sawit, Kab Boyolali
- Ds Singopuran, Kec Kartasura, Kab Sukoharjo

c. Yon 22 pembagian sembako di Ds Kertonatan dan Ds Pucangan, Kec Kartasura, Kab Sukoharjo

d. Yon 23 pembagian sembako :
- Desa Belimbing dan Ds Trangsan, Kec Gatak, Kab Sukoharjo
- Ds Ngemplak, Kec Kartasura, Kab Sukoharjo

2. Kamis 16 April 2020 pukul 10.00 sd selesai

Kegiatan : Pembagian 500 Nasi bungkus dan 4500 kg beras dg pembagian sektor, sbb :

1) Denma Magrup membagikan nasi bungkus dan beras :
- Sekitar Colomadu
- Sekitar Kota Surakarta

2) Yon 21 membagikan Beras di sekitar Kartosuro, Sukoharjo

3) Yon 22 membagikan Beras di sekitar Sawit, Boyolali

4) Yon 23 membagikan Beras di sekitar Delanggu, Klaten

3. Kegiatan ini juga sambil menghimbau masyarakat agar melaksanakan Physical Distancing, menggunakan masker, dan di rumah saja




Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler