Kowarteg Dukung Ganjar Gelar Mudik Gratis untuk Karyawan Warteg di Jakarta

Kamis, 20 April 2023 – 13:43 WIB
Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar menyelenggarakan mudik gratis bertajuk 'Mudik Ceria untuk Ganjar Presiden 2024'. Foto: Source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA PUSAT - Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar menyelenggarakan mudik gratis bertajuk 'Mudik Ceria untuk Ganjar Presiden 2024'.

Koordinator Nasional Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar Noehrozi mengatakan pihaknya mengerahkan delapan unit bus untuk mengangkut ratusan pemudik yang mayoritas merupakan karyawan warteg di Jakarta.

BACA JUGA: Suara Ledakan Terdengar di Dapur Warteg Sebelum Si Jago Merah Mengamuk

"Ini melibatkan 450 pemudik dari berbagai wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, didominasi oleh karyawan-karyawan warteg," katanya, Rabu (19/4).

Pelepasan bus dan ratusan pemudik dilaksanakan di Jalan Angkasa di Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Center Jatim Menyemarakkan Ramadan Lewat Lomba Kreasi Musik Nuansa Islam

Sebelum diberangkatkan, para pemudik terlebih dahulu diperiksa oleh tim kesehatan yang sebelumnya telah disiapkan oleh para sukarelawan.

Mereka juga mendapat sejumlah bingkisan dari sukarelawan Kowarteg.

BACA JUGA: Parpol Lain Bakal Merapat Jika PDIP Mengusung Ganjar

Dalam perjalanan mudik nantinya, mereka pun mendapat makanan gratis yang telah disediakan sukarelawan. 

"Total delapan armada bus dengan tujuan Tegal, Purwokerto, Wonogiri, Solo, dan Surabaya," katanya.

Noehrozi menyebut alasan mereka menyelenggarakan mudik gratis ini adalah untuk membantu masyarakat, khususnya karyawan warteg yang terkendala keuangan untuk bisa pulang ke kampung halaman.

Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar menyelenggarakan mudik gratis bertajuk 'Mudik Ceria untuk Ganjar Presiden 2024'. Foto: Source for JPNN.com

"Mereka setelah pandemi ini, kan, lumayan susah cari duit. Jadi, kami bantu mereka. Lumayan daripada buat ongkos, mereka bisa buat jajan, bisa buat oleh-oleh," kata Noehrozi dikutip dari siaran persnya.

Mudik gratis ini pun menjadi bukti nyata kehadiran Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar untuk melayani masyarakat selama Mudik Lebaran 2023.

Dia melanjutkan kegiatan ini terinspirasi dari program mudik gratis Ganjar Pranowo. Ganjar diketahui memiliki program mudik untuk warga Jawa Tengah yang merupakan perantau di pulau lain.

"Kami Kowarteg Indonesia selalu terinspirasi dari Bapak Ganjar Pranowo yang selalu berbuat yang bermanfaat untuk masyarakat bawah, yang selalu blusukan dan mendengar hingga akhirnya bisa membuat kebijakan yang memang untuk masyarakat," katanya.

Pendukung Ganjar itu pun berkomitmen untuk bisa terus menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat kecil di bulan-bulan berikutnya. 

Karyawan Warteg Bersyukur

Syaifudin merupakan salah satu peserta mudik gratis dari Kowarteg Indonesia.

Karyawan salah satu warteg di Cawang ini mengaku ingin pergi ke kampung halamannya di Tegal.

Dia pun mengaku sangat terbantu lewat program mudik gratis ini.

"Ini luar biasa, karena menurut saya ini sangat membantu sekali. Karena ekonomi lagi susah, jadi bisa membantu kami. Uang yang aturan buat bayar travel atau bis-bis komersil itu bisa buat yang lain," syukur Syaifudin.

Dia berharap mudik gratis dari Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar bisa kembali hadir di tahun-tahun berikutnya.

"Semoga ini berkelanjutan. Jangan tahun ini saja, tetapi tahun depan juga iya. Syukur-syukur nanti setelah Lebaran ada untuk arus balik gratis juga, kan, lumayan. Saya doakan semoga Kowarteg sukses," katanya. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler