Kowarteg Ganjar Cegah Penyebaran DBD dengan Mengajarkan Warga Membuat Alat Fogging

Senin, 28 Agustus 2023 – 23:12 WIB
Kowarteg Indonesia mengajarkan warga cara membuat alat fogging di Jakarta Barat. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia terus membantu masyarakat melalui beragam kegiatan positif.

Kali ini, Kowarteg menggelar edukasi pembuatan alat fogging demam berdarah dengue (DBD) bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Ganjar Kunjungi Ponpes Al Munawwir Krapyak dan Ajak Nahdiyin Jaga Keutuhan NKRI

Sekertaris Umum Kowarteg Indonesia Lina Rofiana mengatakan pihaknya melakukan tiga langkah preventif bagi masyarakat Kelurahan Kemanggisan guna mencegah kasus DBD.

Pertama, kata Lina, melalui edukasi perakitan alat fogging sederhana, lalu penyerahan bantuan alat fogging, dan penyemprotan rumah warga serta selokan. 

BACA JUGA: Lestarikan Budaya, Sukarelawan Ganjar Creativity Gelar Pagelaran Wayang Golek

“Tujuannya untuk mengajarkan masyarakat cara membuat alat fogging sederhana dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat di masyarakat, dan mengajarkan masyarakat untuk melaksanakan fogging sederhana di masyarakat setempat,” kata Lina.

Pembuatan alat fogging terdiri dari barang-barang sederahana. Untuk bahan dasarnya terdiri dari tembaga ac, spray gun, pemantik api, gas, klem, selang air, kawat dan obat untuk fogging.

BACA JUGA: Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Pertanian Pupuk Organik Cair di Lampung Timur

Menurut Lina, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif berupa pada pemutusan mata rantai jentik-jentik nyamuk aedes aegypti di lingkungan warga setempat.

“Untuk mencegah DBD pastinya, dan mereka bisa membuat alat fogging sendiri,” ungkap Lina.

Menurut Lina, masyarakat di Kelurahan Kemanggisan sangat antusias dan responsif terhadap kegiatan edukasi yang dibuat oleh Kowarteg Indonesia.

“Antusias dan sangat responsif, mereka sangat tergerak untuk membuat supaya bisa fogging sendiri di rumah,” tutur Lina.

Sementara salah seorang warga setempat Eddy (65) menyambut baik kegiatan edukasi pembuatan alat fogging DBD yang dilakukan oleh para pendukung Ganjar Pranowo ini.

“Buat saya alangkah baik (kegiatan ini). Satu menghindari gejala penyakit,” ungkap Eddy.

Di sela kegiatan, Kowarteg Indonesia turut menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden ke masyarakat setempat. Mereka pun mendoakan agar Gubernur Jawa Tengah dua periode ini bisa terpilih menjadi Presiden 2024.

“Kalo harapan saya buat Pak Ganjar semoga sukses, dan menjadi Presiden,” kata Eddy. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Brando Susanto PDIP Bagikan Ribuan Kaus Ganjar Pranowo kepada Warga Jakarta Utara


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler