KPK Ajari Kaesang bin Jokowi Apa Itu Makna Gratifikasi

Selasa, 17 September 2024 – 17:05 WIB
Direktur Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. ANTARA/HO-Humas KPK

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pendidikan tentang gratifikasi kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

KPK melakukan itu saat Kaesang mendatangi kantor lembaga antirasuah, Jakarta, Selasa (17/9).

BACA JUGA: Kaesang Pangarep ke KPK, Begini Pengakuannya

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyatakan Kaesang mulanya meminta arahan dari lembaga terkait berita soal naik pesawat jet pribadi seperti yang ramai diberitakan.

"Dia datang minta arahan," kata Pahala.

BACA JUGA: Inisiatif Pribadi, Kaesang Datangi Markas KPK

Oleh tim KPK, lanjut Pahala, Kaesang diberikan edukasi tentang gratifikasi. Di sisi lain, lanjut Pahala, ternyata Kaesang sudah menyiapkan dokumen yang diunggah dari situs KPK di kanal gratifikasi online.

"Sudah diisi gitu, ya. Ya sudah gitu kami lihat isinya, ada beberapa hal yang ini kalau SOP kami, kan, gini kami nerima laporan, kami pasti tanya lagi beberapa kronologis, ini detail gitu, ya," jelas Pahala.

BACA JUGA: Kaesang bin Jokowi Datangi KPK, Klarifikasi soal Jet Pribadi?

Sebelumnya Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke AS.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram.

Hal tersebut membuat Kaesang kemudian dilaporkan ke KPK oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun.

Terpisah, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan bahwa pihaknya memiliki kewenangan dalam mengusut Kaesang Pangarep, terkait dengan dugaan gratifikasi atas penggunaan fasilitas pesawat jet pribadi. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Isu Kemunduran KPK Bakal Ditanyakan saat Wawancara ke 20 Capim


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler