KPK Kesulitan Kejar Istri Nazar

Senin, 16 April 2012 – 20:39 WIB
JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengakui KPK menemui banyak kendala dalam mengejar buronan yang berada di luar negeri, termasuk dalam mengejar Neneng Sri Wahyuni, istri Nazaruddin. KPK mengaku masih kesulitan menangkap tersangka kasus korupsi proyek PLTS di Kemenakertrans tersebut.

"Ada kendala yang dihadapi KPK jika buronan berada diluar negeri, karena otoritas dan yurisdiksi ada di interpol dimana buronan berada," keluh Johan Budi, kepada wartawan di kantor KPK, Jakarta, Senin (16/4).

Disebutkan, saat ini upaya yang dilakukan KPK dalam mengejar buronan di luar negeri yaitu berkoordinasi dengan interpol melalui Mabes Polri. Sejauh ini, imbuh dia, KPK hanya menunggu informasi dari interpol.

Terkait keberadaan Neneng, Johan mengaku KPK masih belum mendapatkan informasi detail keberadaannya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas pernah mengungkap keberadaan Neneng yang kini ada di Malaysia. Namun atas informasi ini Johan tidak bisa memastikannya. "Saya belum bertemu Pak Busyro, yang pasti info yang diterima Humas KPK, pernah terdeteksi Neneng berada di sebuah negara," jawab Johan.

Selain mengandalkan informasi Interpol, imbuh Johan, KPK juga punya tim yang melakukan upaya pencarian. Seperti diketahui, Neneng adalah tersangka korupsi proyek solar home system (SHS) di Kemenakertrans. (fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tunjukkan Bukti Mantan Menkes jadi Tersangka Korupsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler