KPK Tantang Kapolri Bereskan Rekening Gendut

Kamis, 14 November 2013 – 16:08 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Adnan Pandu Praja mengungkapkan bahwa permasalahan dugaan rekening gendut oknum perwira tinggi Polri sudah diserahkan sepenuhnya kepada Bareskrim Polri.

Karenanya, ia menegaskan, penuntasan masalah rekening gendut Polri merupakan salah satu ujian pertama Kapolri Jenderal Sutarman untuk menuntaskannya.

BACA JUGA: Tuding Pelaku Perusakan MK Lecehkan Lembaga Tinggi Negara

"Ujian pertama memang rekening gendut karena bertahun-tahun tidak dtuntaskan," kata Adnan di sela-sela seminar bertema "Membangun Pemimpin Polri yang Berkarakter Guna Terciptanya Kepercayaan Dalam Rangka Terwujudnya Kamtibmas yang Kondusif Menjelang Pemilu 2014" di Sespimma Lemdiklat Polri, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Menurut Adnan, kalau Sutarman bisa menuntaskan itu, maka bekas Kabareskrim ini bisa menjawab tantangan publik.

BACA JUGA: Mendagri Kaget di MK Bisa Ricuh

Bekas Komisioner Kompolnas ini mengatakan, peran Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi Keuangan juga vital dalam mendeteksi transaksi mencurigakan. Baik di institusi Polri ataupun institusi lainnya.

Komisioner Kompolnas Irjen (purn) Logan Siagian meyakini Sutarman bersikap tegas dalam pemberantasan korupsi, termasuk di jajarannya sekalipun. "Kapolri sekarang tegas sekali, bahkan ketika kemarin menutup pelatihan ada arahan beliau menyatakan bukan hanya kepada publik namun penyelidikan dan penyidikan korupsi termasuk kedalam juga (internal)," katanya di lokasi sama.

BACA JUGA: Desak Polisi Ungkap Aktor di Balik Ricuh MK

Ia mengatakan, tunggu saja gebrakan Kapolri baru tersebut dalam memberantas korupsi.

Menurutnya, penuntasan kasus korupsi termasuk indikasi rekening gendut adalah tantangan Polri saat ini. "Jadi pemberantan korupsi baik ke dalam maupun keluar. Inilah memang tantangan Polri," pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim MK: Rusuh Ini Akan Jadi Berita Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler