KPU Batam Antisipasi Susah Sinyal Saat Pemungutan Suara di 15 Wilayah

Senin, 28 Oktober 2024 – 17:25 WIB
Ketua KPU Kota Batam Mawardi. ANTARA/Amandine Nadja.

jpnn.com - BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam bergerak cepat mengantisipasi terjadinya kendala susah sinyal saat pemungutan suara Pilkada 2024 di 15 wilayah.

KPU Batam kini membangun koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam untuk mengatasi hal tersebut.

BACA JUGA: 573 Sukarelawan Bergabung, Timses Yakin RIDO Menang Satu Putaran di Pilkada Jakarta

Ketua KPU Kota Batam Mawardi mengatakan langkah ini bertujuan untuk meminimalisasi kendala sinyal di beberapa wilayah.

Pada pemilihan sebelumnya diketahui terjadi kendala gangguan jaringan, terutama untuk mendukung keperluan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

BACA JUGA: Debat Perdana Pilwalkot Bandung Angkat Tema soal Tantangan Masa Depan

"Dalam rapat forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) yang pertama, kami sudah menyampaikan kendala jaringan yang dihadapi pada pemilu lalu. Ada sekitar 15 titik yang teridentifikasi sebagai area blind spots atau wilayah tanpa sinyal. Kami sudah kirim surat ke diskominfo dengan penyedia jaringan untuk mencari solusi ke depannya," ujar Mawardi di Batam, Kepulauan Riau, Senin (28/10).

Mawardi mengatakan upaya yang dilakukan merupakan langkah mitigasi agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan lancar, terutama di daerah hinterland seperti Belakangpadang, Sembulang dan Galang.

BACA JUGA: KPU Jabar Imbau Paslon Cagub Segera Serahkan Materi Iklan

Wilayah-wilayah ini dominan mengalami kendala jaringan dan menjadi perhatian khusus KPU Batam.

Mawardi berharap jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang mengalami kendala sinyal akan berkurang dibanding pemilihan sebelumnya.

"Dengan adanya koordinasi ini kami berharap kendala jaringan di 15 titik yang sebelumnya terdata dapat teratasi," ucapnya.

KPU Kota Batam bersama diskominfo dan pihak penyedia jaringan berencana mengadakan pertemuan lanjutan untuk memastikan kesiapan jaringan di wilayah hinterland.

"Kami akan lakukan rapat koordinasi sehingga seluruh proses Pilkada 2024 dapat berjalan efektif pada hari-H,” kata Mawardi. (Antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gegara Hal ini Bawaslu Puji Sikap 3 Paslon Kada Pilgub Maluku


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler