KPU Jamin Debat Pilkada DKI Bakal Seru

Rabu, 04 Januari 2017 – 09:18 WIB
Tiga pasangan calon Pilkada DKI. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JPNN.com - Debat pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Januari dan Februari 2017 diprediksi berlangsung seru. Terlebih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI telah menyiapkan enam sampai tujuh orang panelis berkompeten.

Panelis terdiri dari para ahli dan akademisi. "Panelis dari akademisi dan ahli. Jadi misalnya untuk tema-tema demokrasi dan penegakkan hukum, kami meminta mereka yang ahli tentang pengelolaan pemerintahan yang baik kemudian juga mengelola bagaimana peran pemerintah daerah untuk memaksimalkan atau memastikan hukum itu terlaksana," ujar komisioner KPU DKI Jakarta Dahlia Umar, Selasa (3/1).

BACA JUGA: Anies-Sandi Tawarkan Kartu Pangan..Apaan Tuh?

Untuk tema pendidikan dan kesejahteraan, KPU DKI akan meminta akademisi yang menjadi panelis. Sementara untuk isu ekonomi dan masalah pengangguran, KPU DKI memilih ekonom dan ahli ketenagakerjaan.

"Jadi seluruh isu dan tema sudah terwakili oleh para ahli dari unsur akademisi dan unsur praktisi," kata dia.

BACA JUGA: Sandi Nilai Sengketa Lahan Taman BMW Masalah Kecil

Dahliah mengatakan, semua panelis akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan pada debat nanti.

"Rencananya seluruh panelis ini sebenarnya harus merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman visi, misi, program pasangan calon untuk seluruh isu-isu yang harus dijawab di debat pertama, kedua, ketiga," kata Dahliah.

BACA JUGA: Aliansi Madura Bersatu Dukung Nomor 3

Debat cagub-cawagub akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari 2017. Debat tersebut akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi secara bergiliran.

Debat pertama akan disiarkan langsung oleh TV One, Net TV, dan Jawa Pos TV.

Pilgub DKI Jakarta diikuti oleh tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Selain itu, juga dihadiri para pendukung masing-masing pasangan calon. (wok)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Didominasi Isu Agama, Kualitas Pilkada DKI Mengecewakan


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler