KPU Meniadakan Debat Cawapres, Mahfud: Kalau Saya Siap Saja Mau Khusus Atau Tidak

Sabtu, 02 Desember 2023 – 10:50 WIB
Mahfud MD bicara soal debat cawapres yang dihapus. Ilustrasi Foto/Arsip: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengaku selalu siap menghadapi debat dengan format apa pun yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena eks Menhan RI itu sudah menjadi calon pemimpin Indonesia.

Dia mengatakan demi menyikapi langkah KPU yang mengganti format debat dengan tidak melaksanakan sawala khusus untuk cawapres pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Debat Khusus Cawapres Ditiadakan, Mahfud MD: Terserah KPU, Mereka yang Atur

"Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap," kata Mahfud kepada awak media di Ancol, Jakarta, Jumat (1/12).

Mahfud merasa tidak mau memusingkan langkah KPU yang meniadakan debat kandidat khusus untuk cawapres.

BACA JUGA: Sagama Rapatkan Barisan, Siap Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

"Kalau ditiadakan atau tidak diadakan, ya, terserah KPU saja, kan, mereka yang atur," kata pria yang kini menjabat Menko Polhukam itu.

Awak media kemudian bertanya ke Mahfud soal langkah peniadaan debat khusus yang hanya dihadiri cawapres membuat masyarakat tidak utuh menilai calon pemimpin.

BACA JUGA: Ganjar-Mahfud Menaruh Perhatian Khusus untuk Kesejahteraan Guru Mengaji

Dia menuturkan penilaian masyarakat tadi hanya bisa dijawab KPU karena lembaga penyelanggara pemilu itu telah memutuskan meniadakan debat khusus cawapres.

"Kalau saya siap saja," kata Mahfud.

Sebelumnya, KPU mengubah format debat dengan meniadakan sawala khusus untuk cawapres demi memudahkan pemilih menilai kerja sama calon pemimpin Indonesia.

"Publik makin yakin lah team work (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis (30/11).

Semula debat kandidat bakal dilaksanakan lima kali dengan format 2 kali khusus capres, 1 kali khusus cawapres, dan 2 kali bersamaan.

Namun, KPU mengubah format debat kandidat yang bakal dilaksanakan lima kali menjadi sawala dihadiri bersamaan oleh seluruh pasangan capres-cawapres. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud MD: Lembaga Penegak Hukum Tidak Boleh Diintervensi Siapa Pun


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler