KPU Sudah Punya Sekjen Baru

Diumumkan Bulan Depan

Rabu, 26 Desember 2012 – 15:23 WIB
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arif Budiman, memastikan proses penjaringan Sekretaris Jenderal KPU yang baru, telah selesai dilakukan. Namun tim seleksi belum dapat mengumumkan siapa nama yang terpilih.

"Semua prosesnya telah selesai (seleksi calon,red). Tinggal dibuatkan kesimpulan. Nanti akan dirapatkan dalam pleno KPU," katanya di Jakarta, Rabu (26/12).

Menurut Arif, dengan selesainya rangkaian seleksi, maka dapat dipastikan sebelum 26 Januari 2013 mendatang, KPU telah memiliki seorang Sekjen yang baru, menggantikan Suripto Bambang Setyadi.

Sayangnya kapan rapat pleno dilaksanakan, Arif juga belum dapat memastikan. Demikian juga nama-nama yang paling berpeluang untuk diusulkan kepada Presiden nantinya.  "Pokoknya secepatnya. Karena tanggal 26 Januari itu kan pak Suripto sudah pensiun. Jadi sebelum tanggal tersebut, nama Sekjen yang baru sudah terpilih," katanya.

Sebagaimana diketahui, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dalam sidang kode etiknya, akhir November lalu, merekomendasikan KPU memberhentikan Suripto dan tiga pejabat kesekjenan lainnya, karena dinilai melanggar kode etik penyelenggaraan Pemilu.

Namun setelah dikembalikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Mendagri Gamawan Fauzi, mengusulkan Suripto tetap bertugas sementara, hingga memasuki masa pensiun. Atas usulan ini, komisioner mengabulkannya dan sekaligus membuka pendaftaran calon sekjen yang baru.

Anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah, sebelumnya juga menyatakan terdapat 7 orang yang telah mendaftar. Mereka diantaranya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkos Kesra) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan/Jasa Pemerintah.

Selain ke-7 calon tersebut, Mendagri sebelumnya juga memastikan siap mengusulkan 5 nama calon, jika tidak ada PNS mengikuti pendaftaran yang dibuka tim seleksi KPU.(gir/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang Pemilu, Pelayanan Publik Diprediksi Semakin Bobrok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler