Kritik United yang Ngirit

Rabu, 12 Februari 2014 – 07:17 WIB

jpnn.com - BURUKNYA kinerja Manchester United pada musim ini mendapat sorotan Roy Keane.  Mantan bintang United itu mengkritik strategi transfer yang dilakukan klub berjuluk Setan Merah tersebut.  

Keane menilai United musim ini mulai melakukan langkah penghematan dalam urusan belanja pemain.  Karena itu, dia pun tak merasa heran jika musim ini David Moyes sulit mengangkat prestasi United.

BACA JUGA: PABBSI Tak Berani Sentralisasi

Sebagaimana diketahui, keluarga Glazer telah mengeluarkan dana sebesar GBP 696 Juta sejak dia mengakuisisi United pada Mei 2005.  Namun, hanya GBP 382 Juta yang dikeluarkan untuk belanja pemain.

"United sepertinya sedang berhemat dalam urusan transfer dalam beberapa musim terakhir," sindir Keane seperti dikutip Guardian.

BACA JUGA: Real Madrid Tunggu Barcelona di Final Copa Del Rey

"Mereka tak lagi ngotot untuk mendapatkan pemain top.  Mereka juga sepertinya tak bisa berbuat apa-apa pada musim ini," tuturnya,

Memang, Januari lalu United berhasil mendatangkan Juan Mata dari Chelsea dengan banderol sebesar GBP 37 Juta.  Namun, kehadiran seorang Mata dinilai belum cukup untuk mengatrol prestasi United.  

BACA JUGA: Diimbangi WBA, Posisi Chelsea Terancam Arsenal dan City

Mantan pemain timnas Irlandia itu menyarankan agar David Moyes mendatangkan setidaknya lima pemain bintang pada bursa musim panas 2014. Jika itu dilakukan, prestasi buruk United musim ini yang hanya bertengger di papan tengah, kemudian tersingkir di ajang Piala FA dan Piala Liga tak akan terulang pada musim depan.

"Saya pikir United memang butuh lima atau enam pemain baru lagi. Jika ini terjadi pada musim panas nanti, maka segalanya bakal menarik.  Mereka akan kembali ke puncak, tempat yang seharusnya mereka tempati," paparnya.

Keane meminta pendukung United bersikap realistis, bahwa peluang untuk merebut gelar hanya tinggal di ajang Liga Champions.  Nah, laga melawan Olympiakos di babak 16 besar bakal menjadi prioritas.

"Saya pikir, mengalahkan Olympiakos akan menjadi prioritas mereka. Jika melihat performa saat ini, Anda pasti mengira Liga Champions terlalu muluk buat United. Tapi, akan ada banyak perubahan terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Saya pikir, United akan mengalahkan Olympiakos," ujar pria yang kini menjadi asisten Martin O"Neill di timnas Irlandia itu.

"Mereka akan kembali diperkuat (Wayne) Rooney, (Robin) Van Persie setelah cedera. Apakah saat ini saya menjagokan United untuk lolos ke Liga Champions (musim depan)? Tidak. Tapi, mereka tetap ancaman. Klub besar, dengan pemain-pemain besar, dan dalam beberapa bulan ke depan, ketika para pemain top mencapai level terbaik mereka, United akan kembali jadi tim yang berbahaya," ungkapnya. (bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ladeni Persib, Macan Putih Wajib Menang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler