KSAL: Puskodal Berperan Strategis Mendukung Pelaksanaan Tugas Pokok TNI AL

Jumat, 02 Agustus 2024 – 12:25 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali (keempat kanan) berfoto bersama seusai memimpin Peresmian Pembangunan Sispuskodal TNI AL di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (1/8). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Komando dan Pengendalian TNI AL (Puskodal TNI AL) memiliki peran strategis dalam koordinasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan pada pelaksanaan kegiatan operasi di lingkungan TNI AL baik dalam rangka penggunaan kekuatan maupun pembinaan kekuatan dan kemampuan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan hal itu saat memimpin Peresmian Pembangunan Sispuskodal TNI AL di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (1/8).

BACA JUGA: TNI AL dan Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Kapal LCT CITA XX

Sispuskodal adalah suatu sistem dengan beberapa keunggulan yang tidak hanya dapat menyajikan data dislokasi unsur gelar operasi di Perairan Indonesia secara real time dan near realtime dengan menggunakan pencitraan satelit.

Namun, Sispuskodal juga command security maritime yang terdapat dalam aplikasi ini mampu memberikan alternatif penindakan atau investigasi oleh unsur terdekat dengan memberikan komando untuk melaksanakan investigasi lebih lanjut dengan komunikasi menggunakan integrated communication system.

BACA JUGA: TNI AL Turunkan Tim Siaga Bencana untuk Mengevakuasi Korban Banjir di Gorontalo

Lebih lanjut, KSAL menjelaskan perkembangan lingkungan strategis yang makin dinamis menuntut TNI AL untuk selalu berinovasi dalam menyajikan informasi ataupun data yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, Puskodal harus dilengkapi dengan sistem K4IPP yaitu komando, kendali, komunikasi, komputer, intelijen pengamatan dan pengintaian yang handal.

BACA JUGA: Peduli Sesama, KSAL dan Altar 1989 Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan di Grobogan

Dengan adanya Puskodal, operasi dapat berjalan lebih efektif, efisien dan terkoordinasi dengan baik.

“Besar harapan saya agar sispuskodal ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kemampuan puskodal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” ujar pesan KSAL.

Pada kesempatan tersebut, KSAL didampingi Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S Aldedharma beserta para Pejabat Utama Mabesal menandatangani prasasti Peresmian Pembangunan Sispuskodal dan dilanjutkan peninjauan.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler