KTNA Jamin Tidak Ada Mafia Benih dan Pupuk

Minggu, 24 April 2022 – 19:52 WIB
Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Yadi Sofyan Noor mengatakan tidak ada praktek mafia benih padi dan jagung. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Yadi Sofyan Noor mengatakan tidak ada praktek mafia benih padi dan jagung.

Yadi menegaskan petani menggunakan benih unggul dan melakukan praktek pemupukan berimbang.

BACA JUGA: Safari Ramadan di Jatim, AHY Dengar Keluhan Masyarakat soal Minyak Goreng hingga Pupuk

“Harus tegas bahwa tidak ada mafia dan dari mana fakta yang Pak Menteri BUMN Erik Thohir bahwa ada mafia. Ini substansinya yang harus ada, bukan dukung dan lainnya," kata Sofyan di Jakarta, Minggu (24/4).

Menurutnya, fakta di lapangan tidak ada masalah terkait bibit, atau pun keluhan petani.

BACA JUGA: Ibas Janji Menyampaikan Aspirasi Petani Soal Kelangkaan Pupuk Subsidi 

"Harga bibit di pasaran juga normal-normal saja, tidak terdengar ada mafia bibit. Juga tidak ada mafia pupuk," ujar Sofyan.

Namun, dia tidak menampik adanya keluhan petani terkait pupuk subsidi.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Pangan Gelar Vaksinasi Booster di Karawang

Sofyan menyebut masalahnya bukan kelangkaan, tetapi alokasinya yang kurang sedangkan kebutuhan petani lebih banyak.

"Tetapi kini kan petani sudah memahami bahwa penggunaan pupuk kimiawi terlalu banyak akan merusak lahan dan lingkungan, mulai beralih ke pupuk organik buatan sendiri," sebutnya.

"Petani juga paham mengurangi dosis pupuk kimiawi bertahap diganti pakai kompos karena pupuk komersial memang sedang mahal, bahkan naik dua kali lipat dari kondisi sebelumnya ini karena dampak pasar global yang naik tiga kali lipat," imbuh Sofyan.

Sofyan menekankan mafia itu terjadi apabila ada kekuatan monopoli/oligopoli dalam pasar, yakni pasar tidak bersaing sempurna dan harga menjadi tidak wajar, sementara dalam industri benih padi itu terlibat semua usaha UMKM dan harga yang berlangsung normal-normal saja.

"Kalau memang ada mafia, saya digarda terdepan membasmi dan memberantas habis mafia-mafia itu. Kita semua sepakat bahwa mafialah yang merusak kehidupan petani dan ekonomi nasional," pungkas Sofyan. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   pupuk subsidi   Pupuk   KTNA   Mafia  

Terpopuler