Kualifikasi Euro 2020: Inggris Minta UEFA Beri Hukuman Buat Montenegro

Selasa, 26 Maret 2019 – 07:36 WIB
Timnas Inggris memenangi laga tandang melawan Montenegro di kualifikasi Euro 2020. Foto: AFP

jpnn.com, PODGORICA - Inggris memimpin klasemen sementara Grup A kualifikasi Euro 2020 setelah melibas tuan rumah Montenegro, Selasa (26/3) dini hari WIB.

Dalam pertandingan di Gradski Stadion Podgorica itu, tuan rumah bertekuk lutut dari tamunya 1-5. Montenegro sempat unggul lebih dahulu lewat Marko Vesovic di menit ke-17. Namun, gol itu seperti membangunkan Tiga Singa yang sedang tidur.

BACA JUGA: PM Inggris Terancam Dikudeta

Inggris membalas lima kali lewat Michael Keane (30), brace Ross Barkley (39,59), Harry Kane (71) dan Raheem Sterling (81).

Hasil ini membuat Inggris mendulang dua kemenangan dari dua laga awal di penyisihan Grup A. Sebelum menundukkan Montenegro, tim asuhan Gareth Southgate ini menang 5-0 dari Republik Ceko.

BACA JUGA: Kualifikasi Euro 2020: Jerman Menang Dramatis di Kandang Belanda

Enggak percaya? Baca yang ini: Inggris Pesta Pora, Raheem Sterling Ukir Rekor


uefa

BACA JUGA: Kualifikasi Euro 2020: Enrique Bilang Spanyol Pantas Menang 6-1 dari Norwegia

Di balik kemenangan Inggris atas Montenegro tadi, muncul cerita tak sedap, soal rasialisme yang melibatkan fan tuan rumah.

Penyerang Inggris Raheem Sterling meyakini UEFA harus menghukum (fan) Montenegro lantaran nyanyian rasisme yang ditujukan untuk sejumlah pemain Inggris (yang berkulit hitam).

"Sekarang tahun 2019, sangat disayangkan melihat ini masih terjadi. Saatnya buta orang-orang yang bertanggung jawab (UEFA) untuk membubuhkan stempel mendenda mereka," kata Sterling seperti dikutip dari Sky Sports.

Pemain milik Manchester City itu juga punya cara tersendiri melampiaskan kemarahannya, membalas perlakukan fan Montenegro. Setelah mencetak gol, Sterling sengaja membuat gesture perayaan seperti foto di bawah ini.


Raheem Sterling merayakan gol dengan mengarahkan telinganya ke fan Montenegro. Foto: AFP

"Saya hanya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa butuh lebih dari sekadar nyanyian (rasisme) itu untuk membuat kami emosi dan mengalahkan kami," tutur Sterling.

Pelatih Inggris Gareth Southgate juga menjadi saksi langsung, mendengar nyanyian fan tuan rumah bernada rasisme. "Tidak ada keraguan, kami akan memastikan itu dilaporkan ke UEFA. hal seperti itu sudah tidak bisa diterima," ucapnya. (adk/jpnn)

Hasil kualifikasi Euro 2020 (Selasa, 26/3)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Comeback Bareng, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Sama-Sama Frustrasi


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler